Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp dan Instagram Sudah Tiga Kali Tumbang Berbarengan Tahun Ini

Kompas.com - 15/04/2019, 12:49 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Bloomberg

KOMPAS.com - Pada Minggu (14/4/2019) sekitar pukul 17.30 kemarin, tiga layanan yang dimiliki Facebook Inc yakni WhatsApp, Instagram dan media sosial Facebook kembali mengalami gangguan secara serentak.

Ketiga layanan yang bernaung di bawah payung besar Facebook ini tumbang selama lebih dari 2 jam sebelum kemudian berangsur kembali normal.

Bagi Facebook Inc., ini adalah ketiga kalinya gangguan besar terjadi selama 2019. Gangguan pertama terjadi pada bulan Januari lalu. Kala itu, aplikasi Instagram dan WhatsApp tidak dapat digunakan di sejumlah wilayah dunia.

Baca juga: Layanan WhatsApp, Facebook, dan Instagram Error Bersamaan

Gangguan layanan kembali terjadi pada Maret lalu, saat Facebook, WhatsApp dan Instagram down bersamaan. Pengguna melaporkan bahwa mereka sama sekali tidak bisa menggunakan ketiga platform tersebut untuk berkomunikasi.

Error kedua pada bulan Maret berlangsung selama lebih dari enam jam, dimulai pada Kamis (14/3/2019) dini hari waktu Indonesia atau pukul 13.00 waktu AS.

Bahkan sampai sekitar pukul 07.00 pagi waktu Indonesia, WhatsApp, Instagram, dan Facebook masih mengalami gangguan.

Baca juga: Facebook, Instagram, dan WhatsApp "Down" Jadi Trending di Twitter

Gangguan yang terjadi pada Maret lalu merupakan gangguan terbesar yang terjadi karena menimpa tiga layanan sekaligus dan berlangsung dalam waktu yang relatif lama. 

Sempat disangka sebagai akibat serangan hacker oleh publik, pihak Facebook segera menerangkan bahwa gangguan terjadi akibat kesalahan "konfigurasi sistem server".

Minta maaf

Dirangkum KompasTekno dari Bloomberg, Senin (15/4/2019), gangguan yang terjadi pada Minggu kemarin adalah yang ketiga kalinya. Menurut halaman Downdetector, Facebook, WhatsApp dan Instagram mati total di wilayah Asia, Eropa dan Amerika Serikat.

Para pengguna, yang menggunakan perangkat Android dan iOS, melaporkan kesulitan mengakses halaman utama Facebook, bahkan tak sedikit pengguna yang tidak bisa sama sekali masuk pada halaman ini.

Untuk Instagram, pengguna mengeluhkan sulitnya mengunggah konten bahkan fitur-fitur utama seperti Instagram Stories, Direct Message, dan aliran feed tidak dapat digunakan.

Baca juga: 3 Stiker Bertema Pemilu Meluncur di Instagram Stories

Sementara untuk layanan WhatsApp, KompasTekno juga sempat mengalami kesulitan dalam mengirim maupun menerima pesan. Panggilan suara dan video pun tidak bisa dilakukan.

Atas terjadinya gangguan ini, juru bicara Facebook melayangkan permohonan maaf pada para pengguna.

"Sebelumnya, hari ini, beberapa orang mungkin mengalami masalah saat ingin terhubung ke aplikasi. Masalahnya kini telah diatasi, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi," kata juru bicara Facebook.

Kendati demikian, pihak Facebook belum memberi keterangan resmi terkait penyebab terjadinya gangguan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com