Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramadan Belum Mulai, Twitter Sudah Ramai Bicarakan Mudik Lebaran

Kompas.com - 22/04/2019, 14:28 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski istilah "mudik" sangat identik dengan hari raya lebaran, nyatanya para warganet yang aktif berkicau di Twitter sudah banyak membicarakan topik tentang mudik jauh-jauh hari sebelum lebaran.

Bahkan, topik tersebut mulai bermunculan sebelum bulan Ramadan tiba. Itulah yang diungkap oleh Country Industry Head Twitter Indonesia & Malaysia, Dwi Adriansah, dalam sebuah acara di kantor Twitter di Jakarta, Senin (22/4/2019).

Menurut Dwi, aktivitas pengguna Twitter di Indonesia memang selalu melonjak setiap tahun pada bulan Ramadan. Topik terkait "mudik" adalah satu dari tiga topik yang paling banyak dibicarakan di Twitter.

Baca juga: Kapan Waktu Nge-"tweet" yang Pas di Bulan Ramadan?

Dwi Adriansah, Country Industry Head Twitter Indonesia & Malaysia.KOMPAS.com/Gito Yudha Pratomo Dwi Adriansah, Country Industry Head Twitter Indonesia & Malaysia.
Berkaca dari data tahun 2018 lalu, Dwi mengatakan bahwa tema mudik sudah mulai banyak dibicarakan sejak dua minggu sebelum Ramadan tiba.

Angka percakapannya terbilang sangat besar bahkan secara keseluruhan, percakapan tentang mudik lebaran bisa mencapai lebih dari 3 juta kicauan.

"Orang-orang mulai membicarakan topik mudik lebaran bahkan sejak 2 minggu sebelum Ramadan. Puncaknya terjadi pada 2 minggu sebelum lebaran dan turun pada 2 minggu setelah lebaran," kata Dwi.

Tertinggi saat sahur dan buka puasa

Twitter sendiri mengklaim bahwa Ramadan memang menjadi salah satu momen di mana aktivitas penggunanya di Indonesia melonjak secara siginifikan.

Dwi mengklaim, pada 2018 lalu aktivitas di Twitter bisa naik sebesar setengahnya

Baca juga: Twitter Bakal Punya Fitur Serupa Instagram Stories

"Selama Ramadan, orang-orang makin lama pakai aplikasi Twitter. Aktivitas naik 50 persen dan jumlah kicauan naik 30 persen," kata Dwi.

Menurut Dwi, aktivitas tertinggi dimulai sejak saat sahur atau sebelum jam 4 pagi. Aktivitas itu kemudian melonjak dan akan turun pada saat setelah buka puasa atau sekitar jam 7 malam.

Selain itu, dalam menyambut Ramadan tahun ini, Dwi juga mengatakan bahwa Twitter mempersiapkan sebuah emoji khusus Ramadan seperti tahun lalu. Namun ia belum bisa memastikan kapan emoji tersebut akan dapat mulai digunakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com