Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membandingkan Redmi 7 dan Redmi 6, Apa Saja Bedanya?

Kompas.com - 24/04/2019, 09:27 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS,com - Xiaomi resmi meluncurkan ponsel kelas menengah ke bawah, Redmi 7 di Indonesia pada Selasa (23/4/2019) lalu, sebagai penerus dari Redmi 6 yang telah meluncur sebelumnya.

Dibanding Redmi 6, Xiaomi tampak memberikan perombakan di hampir semua sektor Redmi 7. Perubahan paling mencolok terlihat dari desain, baik depan maupun belakang.

Spesifikasi hardware, kamera, dan baterai juga turut mendapat sentuhan perubahan. Berikut detail perbedaan antara Redmi 6 dengan Redmi 7.

Layar

Bingkai layar Redmi 7 kini lebih tipis, dahi ponsel terlihat terpangkas habis jika dibandingkan dengan Redmi 6. Hanya menyisakan takik/poni mungil atau disebut Xiaomi sebagai dot drop. Desain ini mirip dengan Redmi Note 7 dan ponsel baru lain saat ini.

Ukuran layarnya juga lebih besar. Redmi 7 memiliki bentang layar 6,26 inci, lebih besar dibanding Redmi 6 yang memiki bentang 5,7 inci.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Redmi 7 di Indonesia

Dengan desain dot drop, rasio aspek layar Redmi 7 menjadi 19:9, sementara Redmi 6 adalah 18:9. Kendati demikian, baik Redmi 6 maupun Redmi 7 sama-sama masih menggunakan layar LCD.

Punggung

Bagian ini menjadi salah satu perubahan paling radikal di lini Redmi. Warna klasik yang monoton di lini Redmi dienyahkan, diganti corak warna gradiasi yang lebih menarik.

Redmi Note varian Comet Blue (kiri) dan Lunar Red (kanan)Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Pertiwi Redmi Note varian Comet Blue (kiri) dan Lunar Red (kanan)
Ada dua warna gradasi yang tersedia untuk Redmi 7, yakni Comet Blue (perpaduan antara biru dan hitam), dan Lunar Red (kombinasi warna merah dan hitam).

Akan tetapi, Xiaomi tetap menyediakan warna klasik, yakni Eclipse Black, tanpa gradasi warna apa pun. Cangkang Redmi 7 terbuat dari bahan polikarbonat.

Kamera dan baterai

Xiaomi lebih memilih meningkatkan spesifikasi kamera depan, untuk bersaing dengan ponsel selfie. Jika kamera depan Redmi 6 beresolusi 5 megapiksel, maka kamera depan Redmi 7 kini  beresolusi 8 megapiksel.

Sementara di sektor kamera ganda di belakang, ada sedikit perubahan di kamera sekundernya. Di Redmi 6, konfigurasi kamera ganda adalah 12 megapiksel dan 5 megapiksel, sementara pada Redmi 7, konfigurasi kameranya adalah 12 megapiksel dan 2 megapiksel.

Kamera sekunder 2 megapiksel di Redmi 7 berfungsi sebagai sensor kedalaman bidang foto (depth sensor), untuk menghasilkan efek bokeh menarik.

Baca juga: Xiaomi Redmi 7 Resmi Masuk Indonesia, Harga Rp 1,6 Juta

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com