Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Poni dan "Pop-up", Xiaomi Rancang Smartphone "Benjol"

Kompas.com - 26/04/2019, 13:17 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Para pabrikan smartphone tampaknya tengah asyik bereksperimen membuat bentuk-bentuk baru untuk memuat kamera depan, demi memperoleh layar yang lebih memenuhi sisi muka perangkat. 

Setelah poni, lubang di layar, mekanisme pop-up, hingga modul yang bisa berputar, kini salah satu vendor, Xiaomi, disinyalir tengah membuat desain kamera depan dengan bentuk menyerupai sebuah "benjolan" di bagian atas ponsel.

Baca juga: Samsung Galaxy A80 Resmi dengan Tiga Kamera yang Bisa Berputar

Hal itu terendus dari sebuah desain yang dipatenkan oleh Xiaomi. Paten tersebut memperlihatkan ilustrasi ponsel dengan desain kamera depan yang menonjol keluar dari bingkai sisi atas ponsel, mirip seperti notch (poni) yang dibalik.

Ada beberapa rancangan yang digambarkan. Masing-masing memiliki perbedaan dari segi bentuk fisik fisik dan "benjolan" di "kepala" perangkat. Sebagian mengusung pinggiran lurus dan tegas, lainnya cenderung lebih membulat.

Di luar aspek fisik, tak dikethaui apa perbedaan spesifikasi di antara sejumlah rancangan tersebut. Yang jelas, mereka sama-sama memiliki dua kamera depan dan dua kamera belakang, seperti dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Jumat (26/4/2019).

Baca juga: Situs Samsung Ungkap Keberadaan Galaxy A90 dengan Kamera Pop Up

Tak terlihat pula adanya pemindai sidik jari di semua ilustrasi rancangan. Karena itu ada kemungkinan ponsel dalam paten ini dimaksudkan untuk memakai in-display fingerprint scanner.

Tentu, karena masih berupa paten, belum tentu perangkat ponsel dengan benjolan di kepalanya ini bakal benar-benar terwujud dalam bentuk produk jadi. 

Sebelumnya, Xiaomi juga diketahui telah mematenkan desain ponsel dengan tiga kamera depan dengan mekanisme geser mirip dengan milik Mi Mix 3. Entah rancangan mana yang akan menjadi nyata.


 
Baca juga: Vivo Pamer Apex 2019 di Jakarta, Ponsel Unik Tanpa Tombol dan Konektor

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com