Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Banyak Kamera Selfie Bakal Jadi Pertempuran Selanjutnya

Kompas.com - 29/04/2019, 15:58 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber Tech Radar

KOMPAS.com - Kemampuan kamera smartphone terus berkembang tiap tahunnya. Tahun lalu, triple-rear camera alias tiga kamera belakang yang dipelopori Huawei P20 Pro, mewabah ke beberapa vendor lain seperti Samsung, Xiaomi, Vivo, atau Oppo.

Tak cuma tiga, ada pula vendor yang menambah jumlahnya hingga empat alias quadruple-camera, seperti  Galaxy A9 (2018) dan Huawei P30 Pro, atau lima kamera seperti Nokia 9 Pureview.

Setelah kamera utama, pertempuran selanjutnya diprediksi bakal beralih ke kamera selfie. Peningkatan jumlah kamera di smartphone akan bergeser ke sisi depan.

Sejauh ini, jumlah kamera depan paling banyak adalah dua, sebagaimana yang telah tersemat di Galaxy S10 Plus, LG V50, Xiaomi Mi Mix 3. Diprediksi, jumlah kamera depan akan bertambah menjadi setidaknya tiga kamera.

Tren kamera depan ditengarai oleh peluncuran Galaxy A80. Memang, ponsel ini tidak benar-benar menempatkan kamera depan sebanyak tiga buah. Samsung justru menggunakan terobosannya sendiri, yakni dengan mekanisme rotate-camera.

Dengan mekanisme ini, kualitas kamera belakang maupun depan akan setara. Rumor terbaru soal peningkatan kamera depan juga datang dari LG dan Xiaomi. Kedua vendor itu disebut sedang menggarap ponsel dengan tiga kamera depan.

Kabarnya, masing-masing ponsel yang sedang digarap akan menjadi penerus LG V50 dan Mi Mix 3. Dengan meningkatkan jumlah kamera depan, hasil jepretan swafoto diharapkan bisa lebih baik.

Desain paten ponsel tiga kamera depan milik XiaomiCNIPA via Tiger Mobile Desain paten ponsel tiga kamera depan milik Xiaomi

Menilik Galaxy A80 misalnya, dua dari tiga lensa adalah sensor 3D dan ultra-wide, di mana fitur ini belum ada di kamera depan smartphone saat ini. Dengan dua lensa tersebut, selfie yang dihasilkan dengan efek background blur akan lebih baik.

Baca juga: Samsung Galaxy A80 Resmi dengan Tiga Kamera yang Bisa Berputar

Pengguna juga bisa mengambil foto group selfie dengan bidang pandang lebih lebar. Bisa jadi, pabrikan lain akan menambahkan lensa dengan fungsi seperti itu nantinya.

Pentingnya peningkatan kamera depan

Peningkatan kualitas kamera depan akan menjadi kabar baik, khususnya bagi para pengguna yang hobi membagikan momennya ke media sosial. Misalnya saja untuk membuat vlog menggunakan smartphone atau hobi melakukan group selfie yang bisa difasilitasi lensa ultra-wide.

Namun, dengan menambah jumlah kamera depan, vendor juga harus berpikir bagaimana akan menempatkannya demi tetap bisa memberikan layar minim bingkai (bezel-less). Opsi yang bisa dipilih adalah mekanisme pop-up seperti yang kini mulai banyak beredar.

Sebab, jika masih mengandalkan "notch", ukurannya tidak mungkin sekecil desain rata-rata smartphone saat ini yang hanya cukup menampung kamera depan tunggal.

Dari rumor yang beredar, Xiaomi agaknya akan menggunakan opsi ini, mengingat Mi Mix 3 sebelumnya juga menggunakan mekanisme slide.

Pilihan lainnya, vendor juga bisa mengadopsi desain "notch" seperti di Galaxy S10 Plus. Namun dari skema yang beredar, LG malah masih mempertahankan bilah "poni" yang memanjang untuk menempatkan tiga kamera depan.

Desain ponsel tiga kamera milik LGWIPO via GSM Arena Desain ponsel tiga kamera milik LG

Beberapa desain alternatif untuk menempatkan kamera depan juga telah dirancang. Xiaomi misalnya, kabarnya tengah mematangkan desain kamera depan "benjol". 

Baca juga: Setelah Poni dan Pop-up, Xiaomi Rancang Smartphone Benjol

Vendor itu juga disebut menyiapkan ponsel dengan kamera selfie yang ditempatkan di sisi bawah layar, dirangkum KompasTekno dari Tech Radar, Senin (29/4/2019).

Ada pula vendor ZTE yang menempelkan kamera depan di sisi kanan ponsel. Menarik untuk dilihat kejutan apalagi yang disiapkan para vendor smartphone untuk meningkatkan kamera selfie sekaligus tetap bertahan dengan layar ponsel minim bingkai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com