Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan, Ponsel "Murah" Xiaomi Punya Pemindai Sidik Jari di Layar

Kompas.com - 30/04/2019, 09:12 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sempat muncul rumor bahwa Xiaomi akan merilis ponsel murah dengan sensor sidik jari di dalam layar. Belakangan, vendor asal China ini mengonfirmasi kabar tersebut.

Lewat sebuah posting di media sosial China, Weibo, Product Director Xiaomi Wang Teng mengatakan teknologi Fingerprint on Display akan bisa diterapkan di ponsel bikinan Xiaomi dengan kisaran harga kurang dari 2.000 yuan (Rp 4,2 juta).

Ini dimungkinkan karena sebuah perusahaan China bernama Fortsense sedang mengembangkan teknologi pemindai sidik jari yang bisa dibenamkan di layar LCD. Fitur tersebut selama ini memang hanya ditemukan di ponsel berlayar OLED berharga tinggi.

Baca juga: Xiaomi Tak Mau "Fingerprint on Display" Cuma Ada di Ponsel Mahal

Namun, Fortsense kabarnya telah berhasil memecahkan masalah utama berupa interferensi sinyal di layar LCD. Sejumlah manufaktur ponsel pun diprediksi akan mulai memakai pemindai sidik jari dalam layar buatan Fortsense pada paruh kedua 2019.

Lewat Teng, Xiaomi sendiri mengatakan memang berencana merilis ponsel budget dengan  Fingerprint on Display, tapi peminat agaknya masih harus menunggu lebih lama.

"Pemindai sidik jari di dalam layar LCD, secara teknis bisa dibuat, namun kecil kemungkinan untuk meluncurkannya tahun ini. Paling cepat mungkin pada akhir tahun nanti atau kemungkinan besar awal tahun depan," tulis Teng.

Dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Selasa (30/4/2019), masih belum jelas lini smartphone mana dari Xiaomiyang akan mendapatkan fitur ini untuk pertama kalinya.

Namun bocoran sebelumnya mengatakan bahwa Xiaomi akan membenamkan fitur ini pada seri ponsel Android One besutannya.

Bava juga: Siap-siap, Harga Ponsel Xiaomi Bakal Lebih Mahal

Dugaan itu berasal dari dua kode nama ponsel yang ditemukan oleh situs XDADevelopers beberapa waktu lalu. Berdasarkan temuan, ada dua ponsel dengan kode "bamboo_sprout" dan "cosmos_sprout" yang tengah diuji coba Xiaomi dengan fiturFingerprint on Display (FoD).

Kedua ponsel tersebut diyakini sebagai perangkat Android One besutan Xiaomi generasi penerus Mi A2 dan Mi A2 Lite, kemungkinan bernama Mi A3 dan Mi A3 Lite.

Xiaomi biasanya menamakan ponsel Android One bikinannya dengan embel-embel "sprout", seperti Mi A1 dengan kode nama "tissot_sprout" dan Mi A2 dengan kode nama "jasmine_sprout".

Seri ponsel Android One dari Xiaomi pun sebelumnya diketahui masih menanamkan pemindai sidik jari konvensional yang letaknya ada di punggung ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com