Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Bakal Hapus Riwayat Internet dan Lokasi secara Otomatis

Kompas.com - 06/05/2019, 08:17 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber BBC

KOMPAS.com - Google berencana menghadirkan fitur penghapusan riwayat lokasi serta aktivitas internet secara otomatis. Fitur ini dibuat sebagai upaya Google memberikan kontrol data pribadi serta privasi penggunanya.

Saat ini fitur tersebut sudah tersedia, namun pengguna harus menghapusnya secara manua satu per satu.

Nantinya, setelah fitur ini diluncurkan, pengguna bisa menentukan berapa lama riwayat lokasi dan aktivitas ber-internet ingin dihapus secara otomatis.

Untuk melakukannya, bakal tiga opsi tambahan di menu pengaturan "Activity controls" yang ada di halaman akun Google, sebagaimana ilustrasi berikut.

 

Ilustrasi opsi tambahan fitur penghapusan riwayat otomatis GoogleKOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi opsi tambahan fitur penghapusan riwayat otomatis Google

 

Tampak dari gambar di tengah dan yang paling kanan, nantinya pengguna bisa mengklik tombol "Choose to delete automatically" untuk memanfaatkan fitur penghapusan secara otomatis.

Baca juga: Cara Hapus Riwayat Pencarian Google di Desktop dan Mobile

Setelah itu, ada tiga opsi yang pengguna bisa pilih, yaitu menghapus riwayat secara manual, menghapus riwayat secara otomatis setelah 18 bulan, dan yang terakhir menghapus riwayat secara otomatis setelah 3 bulan tersimpan di Google.

Sebelumnya, tiga opsi ini tidak tersedia di pengaturan "Web & App Activity" dan "Location History", sebagaimana tampak dari gambar paling kiri.

Meski sudah dibeberkan fungsi fiturnya, sayangnya, belum bisa dipastikan kapan fitur ini meluncur ke pengguna umum secara resmi.

Sebab, Google hanya menyebut pembaruan ini bakal datang dalam beberapa minggu ke depan.

Terlepas dari itu, fitur penghapusan data atau riwayat secara otomatis ini belum menyambangi fitur riwayat data di layanan Google lainnya.

Dengan kata lain, untuk saat ini, hanya riwayat lokasi serta riwayat aktivitas web dan aplikasi saja yang bakal disambangi fitur penghapusan otomatis ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari BBC, Senin (6/5/2019),

Belum diketahui kapan pengguna mendapatkan fitur penghapusan otomatis ini beberapa layanan Google, seperti aktivitas streaming di YouTube dan histori perintah suara yang terekam di Google Assistant.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com