Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android Q Resmi Dikenalkan, Ini Fitur-fiturnya

Kompas.com - 08/05/2019, 03:38 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

MOUNTAIN VIEW, KOMPAS.com - Dalam ajang tahunan Google I/O yang digelar di Shoreline Amphitheater, California, Amerika Serikat, Google resmi memperkenalkan sistem operasi Android Q.

Meski belum versi final, Google telah memastikan serangkaian fitur yang akan hadir pada Android Q ini.

Menurut Stephanie Cuthberston, perwakilan Google yang memperkenalkan Android Q di atas panggung I/O, Android Q akan mendukung sejumlah fitur baru yang akan diadopsi oleh smartphone keluaran 2019.

Apa saja fitur-fitur tersebut? Berikut KompasTekno rangkum langsung dari acara peluncuran.

Dukungan layar lipat

Menurut Stephanie, ponsel layar lipat alias foldable phone adalah produk yang sangat berbeda dari smartphone lain. Ponsel layar lipat, menurutnya membutuhkan sistem operasi khusus yang dapat mendukung pengoperasian ponsel ini.

Oleh karena itu, Android Q dirancang agar dapat digunakan dengan optimal pada foldable phone.

Baca juga: Android Q Sudah Bisa Dijajal, Ini Link Downloadnya

"Foldable phone adalah jenis yang berbeda. Ponsel ini bagus untuk multi-tasking dan dapat bekerja dengan ukuran layar kecil dan besar. Android Q akan mendukung kemampuan foldable phone ini," ungkap Stephanie.

Dukungan 5G

Selain dukungan untuk ponsel layar lipat, Android Q juga akan mendukung kemampuan jaringan 5G. Menurut Stephanie, saat ini jaringan 5G mulai dikembangkan dengan masif dan akan menjadi tren baru di masa mendatang.

Live Caption

Salah satu fitur baru yang dimiliki Android Q adalah Live Caption. Fitur ini mampu mendeteksi suara dalam video, kemudian mengubahnya menjadi format teks yang ditampilkan di layar secara langsung.

Live Caption sejatinya mirip seperti subtitle dalam film, namun caption tersebut dibuat secara live berdasarkan apa yang diucapkan orang yang ada di dalam video.

Smart Reply

Smart Reply dapat memudahkan pengguna membalas pesan yang diterima. Fitur ini akan memunculkan prediksi kata yang akan diketik, sehingga pengguna hanya tinggal menyentuh prediksi tersebut tanpa perlu mengetik.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com