Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Siapkan Ponsel dengan Kamera "Zoom" 5x?

Kompas.com - 23/05/2019, 08:06 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber SamMobile

KOMPAS.com - Beberapa pabrikan smartphone dari China telah mulai menerapkan kamera telephoto dengan tingkat "zoom" 5x di ponsel masing-masing. Samsung pun kabarnya tak mau ketinggalan.

Berdasarkan sebuah rumor baru, Samsung disinyalir sedang menyiapkan kamera berteknologi serupa untuk disematkan di produk ponselnya.

Indikasinya, Samsung Electro-Mechanics, pemasok komponen elektronik anak usaha Samsung Group, diketahui telah mulai memproduksi modul kamera telephoto dengan tingkat "zoom" 5x.

Modul kamera ini menggunakan teknik periskop yang serupa dengan milik para pabrikan China supaya ukurannya bisa dibuat ringkas. Alih-alih disusun vertikal, rangkaian lensa telephoto Samsung dibuat horizontal alias menyamping.

Baca juga: Mengenal Teknologi Zoom Optik 10x di Ponsel Oppo

Sebuah cermin digunakan untuk membelokkan cahaya dari arah depan agar mengenai sensor penangkap gambar yang diletakkan di bagian samping. Lantaran cara kerjanya yang mirip periskop kapal selam itulah, teknik tersebut dikenal dengan istilah "periscope camera".

Dengan ketebalan hanya 5mm, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Sammobile, Kamis (23/5/2019), modul kamera telephoto "zoom" 5x bikinan Samsung pun bisa disisipkan di ponsel tanpa menonjol di bagian punggung.

Belum diketahui ponsel mana yang akan menjadi produk pertama dengan kamera baru Samsung ini.

Seorang pembocor ulung, Ice Universe, memberikan sinyalemen bahwa teknologi kamera "zoom" 5x dari Samsung akan hadir perdana di ponsel model baru yang disiapkan untuk paruh kedua 2019, tapi bukan Galaxy Fold ataupun Galaxy Note 10.

Istilah "zoom" untuk kamera model demikian sebenarnya agak salah kaprah. Lensa zoom di kamera mampu mengubah lebar sudut pandang alias focal length.

Tidak demikian halnya dengan lensa kamera smartphone selama ini yang sebenarnya hanya memiliki satu focal length alias fixed.

Baca juga: Melihat Hasil Jepretan Kamera Zoom 5x Huawei P30 Pro

Misalnya, kamera telephoto milik Huawei P30 Pro memiliki focal length 125mm (ekuivalen full frame) atau sekitar 5x focal length kamera wide miliknya yang sebesar 27mm.

Perubahan focal length antara 27mm-125mm sebenarnya difasilitasi dengan zoom elektronik (digital). Sebab itulah kualitas gambar di rentang "zoom" 4x -sebagai contoh- lebih buruk dibandingkan 5x.

Smartphone dengan lenza zoom sejati yang bisa mengubah focal length adalah seri Galaxy K Zoom yang dirilis beberapa tahun lalu. Tapi bentuknya tebal dengan lensa yang menjulur keluar bodi ponsel seperti kamera digital. Produksi Galaxy K Zoom kini telah dihentikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com