Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Pensiunkan Ponsel Seri F dan Seri R

Kompas.com - 26/05/2019, 11:25 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber 91Mobiles

KOMPAS.com - Oppo F11 dan F11 Pro ternyata menjadi ponsel penutup untuk seri F. Vendor smartphone asal China ini diketahui akan menyetop pembuatan ponsel seri F secara global.

Seorang sumber mengatakan bahwa divisi seluler Oppo saat ini sudah berusia 10 tahun di China. Momentum inilah yang dimanfaatkan untuk mengubah serangkaian kebijakan, termasuk mengubah fokus lini produk.

"Divisi seluler Oppo memperingati usia 10 tahun di China, dalam kesempatan itulah Oppo ingin membuat beberapa perubahan pada jajarannya," kata sumber tersebut.

Sumber itu juga menyebut nama Oppo Reno sebagai pengganti seri F. Artinya, positioning Oppo saat ini bukan lagi menjadi "ponsel selfie".

Baca juga: Belum Dirilis, Spesifikasi dan Harga Oppo Reno Z Terungkap Lewat Bocoran

"OPPO akan menghentikan seri F lineup, dan menggantinya dengan seri Reno," lanjut sumber tersebut.

Dikutip KompasTekno dari 91 Mobile, Minggu (26/5/2019), selain seri F, Oppo juga disinyalir akan mempensiunkan ponsel seri R miliknya. R17 Pro menjadi penutup dari seri tersebut dan sama seperti seri F, penggantinya adalah Oppo Reno.

Oppo Reno akan menggarap kedua segmen yang ditinggalkan oleh seri F dan seri R. Seri F memiliki segmen menengah, sementara seri R masuk dalam segmen menengah atas.

Sebelumnya, PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto mengakui bahwa Oppo akan melebur seri Oppo F dan Oppo R.

Baca juga: Ponsel Oppo Seri F dan R Bakal Digabung Jadi Reno

Ini dilakukan karena terlalu banyak seri dan persinggungan spesifikasi antara seri F dan seri R, Oppo lalu berencana melebur kedua seri tersebut. Meski begitu, ketika ditanya kepastian terkait kapan kedua seri ini benar-benar disatukan, Aryo belum bisa mengonfirmasi kejelasannya.

Terlepas dari itu, ke depannya, menurut Aryo, bisa diprediksi akan ada produk-produk yang ada di bawah naungan seri Reno lainnya, sebagai hasil peleburan kedua seri ini. Sehingga, seri ponsel Oppo di kemudian hari hanya ada tiga.

"Jadi nanti hanya ada 3 series dari kami, yaitu Oppo Find, Oppo Reno, dan Oppo A," tutup Aryo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com