Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"PUBG Mobile" Kedatangan Fitur Membatasi Jam Main, Begini Caranya

Kompas.com - 26/05/2019, 19:07 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Untuk mengurangi efek kecanduan dalam bermain PUBG Mobile, Tencent meluncurkan sebuah fitur bertajuk "Health Reminder". Fitur ini sudah bisa ditemui di PUBG Mobile versi Indonesia.

Seperti yang sudah diwartakan sebelumnya, fitur ini diketahui telah diuji coba di dalam game PUBG Mobile sejak 21 Maret lalu di India. Di Indonesia sendiri, Tencent mengatakan sudah meluncurkan fitur kesehatan ini.

"Untuk memastikan para pemain meninggalkan game PUBG Mobile sejenak dan kemudian keluar rumah, kami memutuskan untuk meluncurkan fitur game management system (di Indonesia)," ujar Oliver Ye, Marketing Director of SEA PUBG Mobile, di panggung acara yang digelar PUBG Mobile di Jakarta, Jumat (24/5/2019.

Seperti namanya, fitur ini sejatinya bakal mengingatkan pengguna ketika mereka bermain PUBG Mobile lebih dari 6 jam dalam satu hari. Jika pemain sudah melewati batas waktu tersebut, ia baru bisa kembali melakukan login di hari berikutnya.

Ilustrasi menu fitur Health Reminder di PUBG MobileBill Clinten/Kompas.com Ilustrasi menu fitur Health Reminder di PUBG Mobile

Fitur ini, seperti tampak pada gambar tangkapan layar yang dikumpulkan oleh KompasTekno, bisa diaktifkan oleh para pemain PUBG Mobile dan bisa diakses melalui sub-menu "Others" pada menu pengaturan game atau "Settings".

Baca juga: PUBG Mobile Dimainkan 100 Juta Orang Per Bulan, Indonesia Terbesar Kedua

Para pemain kemudian bisa memilih tombol "Yes" di sebelah keterangan "Age 18 or above" untuk mengaktifkan fitur "Health Reminder".

Ye pun menambahkan, dengan hadirnya fitur ini, tim PUBG Mobile berharap bisa mengurangi kasus kecanduan yang bisa melanda siapa pun.

Ia juga berharap pemain bisa memanfaatkan fitur ini untuk beristirahat sejenak dari game battle royale ini dan berkumpul bersama keluarga dan teman-temannya di luar dunia PUBG Mobile.

Seperti diketahui, game PUBG Mobile memang beberapa waktu lalu sempat menjadi kontroversi.

Baca juga: Mode Zombie Darkest Night Hadir di Game PUBG Mobile

Game PUBG menuai kontroversi setelah sebagian masyarakat menilai permainan tersebut dapat memicu radikalisme karena mempraktikkan peperangan dan pembunuhan.

Bahkan, pemerintah India menyebut game PUBG sudah menjadi seperti "iblis" di rumah-rumah, lantaran efek adiktif yang bisa menjangkit para pemainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com