Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menguji Internet Telkomsel di Ruas Tol Tengerang-Merak

Kompas.com - 27/05/2019, 15:13 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menghadapi arus mudik Lebaran 2019, ada banyak hal yang harus dipersiapkan operator seluler demi menjamin kenyamanan pelanggan. Salah satunya adalah infrastruktur untuk jaringan internet seluler.

Hal ini karena internet seluler memiliki peranan yang penting dalam proses komunikasi saat ini. Untuk mengetahui kesiapan operator seluler, KompasTekno melakukan pengujian di beberapa ruas tol.

Salah satu ruas tol yang diuji adalah tol Tangerang - Merak. Saat arus mudik, tol ramai digunakan oleh para pemudik yang ingin menyeberang ke Pulau Sumatera melalui jalur darat dan laut.

Operator yang kami uji kesiapan jaringannya adalah Telkomsel. Lantas bagaimana kinerja operator pelat merah ini di ruas tol Tangerang - Merak?

Metode pengujian

Dalam uji jaringan kali ini, KompasTekno memposisikan diri sebagai pelanggan Telkomsel yang menggunakan internet untuk pemakaian standar, seperti browsing, streaming video, dan media sosial.

Selain itu, kami juga menguji kecepatan internet dengan menggunakan aplikasi Speedtest dan nPerf. Dari aplikasi ini, kami bisa mendapat rata-rata kecepatan download, upload, dan latency (ping).

Baca juga: Samsung dan Telkomsel Tawarkan Cicilan Galaxy A10

Pengalaman menggunakan media sosial, browsing, serta streaming juga dilakukan untuk melihat apakah sesuai dengan hasil uji yang diperlihatkan oleh aplikasi Speedtest dan nPerf.

Selama berada di ruas tol Tangerang - Merak, kami melakukan pengujian Speedtest dan nPerf secara berkala, setiap jarak 10 kilometer. Ada pula dua titik rest area, yakni di km 42-600 dan km 68-600.

Internet Telkomsel di Tol Tangerang-Merak

Dari hasil pengujian lewat aplikasi nPerf, kami mendapat data bahwa secara keseluruhan Telkomsel stabil berada pada jaringan 4G di wilayah ini.

Menurut Denny Abidin, GM External Communications Telkomsel, pihaknya memang telah mempersiapkan infrastruktur bagi titik-titik strategis yang diperkirakan akan menjadi konsentrasi massa dan lonjakan trafik.

Selain itu, Telkomsel menggelar posko layanan di 557 titik strategis di jalur mudik dan lokasi wisata utama (point of interest), yang meliputi Bandar Udara, Terminal Bus, Stasiun Kereta, Dermaga, Rumah Sakit, Area Padat Populasi, Pasar Tradisional, dan Mal. 

"Jalan tol yang merupakan jalur utama yang selalu padat saat mudik juga menjadi fokus pengamanan jaringan Telkomsel. 16 ruas tol utama di Sumatra dan Jawa, termasuk 12 ruas tol baru, sudah dilayani 2.226 BTS, termasuk 666 BTS 4G", ungkap Denny.

Titik awal tempat kami melakukan uji jaringan Telkomsel ini adalah pada km 13. Pada titik ini, hasil uji nPerf dan Speedtest mencatat adanya perbedaan yang cukup siginifikan.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com