Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4.000 BTS Telkomsel Jaga Sinyal Pemudik di Jalur Jabotabek-Jabar

Kompas.com - 28/05/2019, 08:02 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Telkomsel Regional Jabotabek-Jabar menyatakan kesiapannya dalam menghadapi lonjakan trafik pada masa Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) 2019.

Kesiapan tersebut diraih setelah meakukan optimalisasi seluruh elemen jaringan dan penambahan kapasitas jaringan yang lebih besar.

Dalam menghadapi RAFI tahun ini, sebanyak 4.624 BTS Telkomsel tercatat telah mencakup jalur mudik dan titik-titik keramaian atau Point of Interest (POI) yang ada di sepanjang Jabotabek-Jabar.

Dari sekitar 4.624 BTS itu, Telkomsel Area Jabotabek Jabar telah mengoptimalisasi 1.373 BTS dan juga memasang 12 COMBAT (Compact Mobile Base Transceiver) tambahan, sehingga total ada 30 COMBAT yang siap melayani lonjakan trafik pada momen RAFI 2019.

Baca juga: Menguji Internet Telkomsel di Ruas Tol Tengerang-Merak

Optimasi BTS serta pemasangan COMBAT ini sendiri dilakukan di sepanjang jalur mudik dan titik keramaian seperti jalur tol, rest area, pelabuhan, terminal, mall, rumah ibadah dan tempat-tempat wisata yang ramai dikunjungi.

"Untuk tahun 2019 ini, seperti biasa kami menyiapkan network di jalur (tol) dari Jakarta ke jalur selatan ke Bandung, hingga ke arah Jawa Tengah dan Jawa Timur," ujar Juanita Erawati, VP of ICT Network Management Area Jabotabek Jabar Telkomsel, kepada KompasTekno di acara yang digelar Telkomsel di Bandung, Senin (27/5/2019).

"Karena perkiraan kami, pelanggan daerah Jabotabek - Jabar bakal banyak yang akan mudik lewat jalur tol," imbuhnya.

Dengan begitu, pelanggan operator seluler plat merah yang ingin mudik via jalur tol Trans Jawa dipastikan akan bisa menggunakan layanan komunikasi Telkomsel dengan lancar.

Tidak hanya di jalur tol saja, layanan Telkomsel di pelabuhan Merak serta bandara-bandara di Jabotabek Jabar juga sudah dioptimasi sehingga bisa digunakan secara maksimal oleh para pemudik.

Di sisi lain, di momen Ramadhan & Idul Fitri (RAFI) tahun 2019 ini, Telkomsel area Jabotabek Jabar memperkirakan akan terjadi lonjakan data atau payload yang cukup signifikan dibandingkan dengan tahun lalu.

Baca juga: 5 Cara Ganti Kartu SIM Lama ke 4G Telkomsel

Telkomsel area Jabotabek Jabar memprediksi akan ada lonjakan trafik data hingga 8,2 persen. Meski begitu, trafik telepon diprediksi bakal menurun 31, 6 persen dan trafik SMS menurun 35,5 persen dibandingkan RAFI tahun lalu.

Posko Siaga Telkomsel tetap buka

Sementara dari sisi produk dan layanan, Telkomsel juga menggelar posko layanan di 87 titik strategis di jalur mudik dan lokasi wisata utama (point of interest).

Titik-titik ramai tersebut mencakup kawasan Bandar Udara, Terminal Bus, Stasiun Kereta, Dermaga, Tol dan Rest Area, Area Padat Populasi, Pasar Tradisional, dan Mal, yang tersebar di wilayah cakupan Jabotabek - Jabar.

Selain itu, di wilayah cakupan Telkomsel Jabotabek Jabar ini, seluruh kanal pelayanan existing Telkomsel juga tetap bersiaga melayani pelanggan.

Nantinya, sebanyak 87 GraPARI Telkomsel Siaga, 13 mini GraPARI, unit layanan digital self-service MyGraPARI, dan juga 491 outlet siaga, bakal tetap buka meski para pemudik sedang merayakan Hari Raya Idul Fitri 1440 H.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com