Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Siapkan Tablet Premium dengan Snapdragon 855 RAM 6 GB

Kompas.com - 11/06/2019, 09:04 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Tablet teranyar Samsung, Galaxy Tab S5e, baru diluncurkan pada April silam. Tablet tersebut hadir dengan embel-embel "e" dan dibekali dengan chipset Snapdragon 670, yang merupakan chip mid-range dari Qualcomm.

Kini, rumor terbaru menyebutkan bahwa Samsung memiliki varian Galaxy Tab S5e yang dilengkapi hardware lebih tinggi lagi. Tablet premium itu dirumorkan mengusung nama Galaxy Tab S5.

Hal itu diketahui dari situs benchmark populer, Geekbench, yang memperlihatkan perangkat dengan nama model SM-T865. Perangkat itu  diotaki System-on-chip (SoC) Snapdragon 855 dan RAM 6 GB.

Bocoran spesifikasi Galaxy Tab S5 dengan nama SM-T865. Tampak menggunakan Snapdragon 855 dan dibekali RAM 6 GB.GSMArena Bocoran spesifikasi Galaxy Tab S5 dengan nama SM-T865. Tampak menggunakan Snapdragon 855 dan dibekali RAM 6 GB.

Berbekal SoC yang sama dengan milik Galaxy S10 itu, perangkat yang diduga merupakan Galaxy Tab S5 ini terlihat menghasilkan skor multi-core sebesar 9.788 poin dan single-core 3.506 poin di bocoran Geekbench, tak jauh berbeda dari skor yang dihasilkan Galaxy S10.

Baca juga: Samsung Galaxy Note 10 Meluncur 10 Agustus?

Turut disebutkan pula bahwa Galaxy Tab S5 menjalankan sistem operasi teranyar Android 9.0 Pie.

Untuk detail lain, berdasarkan rumor, spesifikasi Galaxy Tab S5 agaknya bakal identik dengan Galaxy Tab S5e, terlepas dari kehadiran chipset Snapdragon 855.

Layar Galaxy Tab S5 kabarnya mengadopsi panel Super AMOLED dan dibekali baterai berkapasitas 7.000 mAh. Kapasitas media penyimpanan sendiri disinyalir bakal bervariasi, mulai dari 64 GB hingga 128 GB.

Kabarnya, Galaxy Tab S5 bakal dikenalkan sekitar bulan Agustus mendatang, sama seperti jadwal peluncuran Galaxy Tab S4 tahun lalu, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Selasa (11/6/2019).

Baca juga: 3 Fitur Galaxy Tab A 2018 untuk Bermain dan Belajar

Jika benar, maka ada kemungkinan Galaxy Tab S5 akan diluncurkan bersamaan dengan Galaxy Note 10 yang diduga pula bakal diluncurkan di bulan itu.

Jika tidak, maka Galaxy Tab S5 kemungkinan bakal dikenalkan di ajang tahunan IFA bulan September mendatang.

Terlepas dari itu, belum ada bocoran soal harga yang akan dibanderol untuk Galaxy Tab S5. Kita tunggu saja kabarnya di kemudian hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com