Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Ponsel Xiaomi yang Pertama Kebagian Android Q

Kompas.com - 16/06/2019, 12:13 WIB
Yudha Pratomo,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Google telah mengumumkan kehadiran Android Q dalam gelaran tahunan I/O beberapa waktu lalu. Rencananya, sistem operasi Android terbaru ini bakal mulai dirilis pada akhir tahun 2019.

Meski baru akan dirilis akhir tahun ini, beberapa jenis smartphone seperti Huawei dan OnePlus sudah bisa mencoba Android Q dalam versi beta.

Berbeda dengan Huawei dan OnePlus, Xiaomi baru mengumumkan daftar smartphone yang bakal lebih dahulu kebagian Android Q. Menurut jadwal, Android Q pada ponsel Xiaomi akan dirilis pada kuartal empat (Q4) 2019 hingga kuartal pertama (Q1) 2020 mendatang.

Dalam daftar yang dirilis Xiaomi, setidaknya ada 11 smartphone yang akan lebih dulu kebagian sistem operasi ini. Semua ponsel tersebut merupakan smartphone kelas atas Xiaomi untuk seri Mi dan Redmi.

Berikut ini adalah daftar 11 ponsel Xiaomi yang lebih dulu kebagian Android Q sebagaimana dikutip KompasTekno dari GSM Arena, Minggu (16/6/2019).

Dirilis pada Q4 2019:

  • Xiaomi Mi 9
  • Xiaomi Mi 9 SE
  • Xiaomi Redmi K20 Pro
  • Xiaomi Redmi K20
  • Xiaomi Mi 8
  • Xiaomi Mi 8 Pro
  • Xiaomi Mi 8 Explorer
  • Xiaomi Mi Mix 2S
  • Xiaomi Mi Mix 3

Dirilis pada Q1 2020:

  • Xiaomi Redmi Note 7 Pro
  • Xiaomi Redmi Note 7

Keseluruh perangkat di tersebut adalah ponsel Xiaomi yang masuk dalam segmen atas dan menengah. Sayangnya Xiaomi belum mengumumkan ponsel kelas bawah miliknya yang akan kebagian sistem operasi ini.

Baca juga: Xiaomi, Oppo, Vivo Sudah Jajal OS Pengganti Android Buatan Huawei

Android Q sendiri dirilis dengan membawa sejumlah fitur dan dukungan baru. Android Q akan dapat digunakan secara optimal pada perangkat ponsel layar lipat dan mendukung kemampuan jaringan 5G.

Selain itu, ada pula beberapa fitur lain yang disematkan. Salah satunya yang paling banyak diperbincangkan adalah kehadiran dark mode alias mode gelap yang dapat membuat perangkat lebih irit baterai dan nyaman di mata ketika digunakan.

Baca juga: Android Q Resmi Dikenalkan, Ini Fitur-fiturnya

Android Q juga memiliki fitur Live Captions di mana dengan fitur ini, pengguna dapat menerjemahkan video ke dalam tulisan secara realtime mirip seperti sebuah subtitle.

Ada pula fitur lain seperti smart reply, focus mode hingga parental control untuk memantau penggunaan smartphone oleh anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com