Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkomsel Belum Tunjuk Mitra Jaringan untuk Gelar 5G

Kompas.com - 17/06/2019, 09:53 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Operator seluler Telkomsel belum menunjuk mitra jaringan untuk menggelar  layanan 5G secara nasional. Hal itu disampaikan oleh Direktur Network Telkomsel, Iskriono Windiarjanto.

Dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Senin (17/6/2019), Iskriono mengatakan, "Kami belum menunjuk mitra jaringan untuk penggelaran 5G nasional.”

Menurut Iskriono, pihaknya saat ini masih harus menyiapkan beberapa hal terkait jaringan 5G. Salah satunya adalah kesiapan perangkat untuk membangun ekosistem 5G, termasuk alokasi spektrum yang saat ini sedang dikaji lebih lanjut oleh pemerintah.

Terkait hal tersebut, pemerintah harus menyediakan sejumlah 80-100 MHz spektrum secara kontinyu bagi setiap operator di band utama (seperti 3,5 GHz), dan sekitar 1 GHz bagi setiap operator di band millimeter wave (seperti spektrum di atas 24 GHz).

Baca juga: Dari Samsung hingga Oppo, Ini Deretan Ponsel 5G yang Hadir di 2019

Telkomsel pun turut menunggu izin dari pemerintah terkait tahapan komersialisasi 5G di kemudian hari.

“Selanjutnya untuk tahapan komersialisasi 5G, tentunya Telkomsel menunggu izin dari pemerintah untuk membuka spektrumnya," imbuh Iskriono.

Sebelumnya, Ericsson mengklaim telah ditunjuk oleh Telkomsel sebagai penyedia jaringan inti (core network) teknologi seluler generasi kelima, atau 5G.

Baca juga: Telkomsel Pakai Teknologi Ericsson untuk Gelar 5G

Informasi itu disampaikan oleh Jerry Soper selaku Head of Ericsson Indonesia, dalam keterangan tertulis yang berbeda.

"Solusi NFVI serta Cloud Packet Core akan membantu memenuhi kebutuhan pelanggan Telkomsel yang kian meningkat, serta memungkinkan penyebaran use cases dan solusi inovatif terbaru dengan cepat," ujar Soper pada Jumat (14/6/2019) lalu.

Namun, dengan kabar terbaru ini, Telkomsel meluruskan bahwa pihaknya memang belum menunjuk vendor mana pun, termasuk Ericsson, untuk menjadi mitra penyedia jaringan 5G di Indonesia secara skala nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com