Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lirik Lagu Yang Ditampilkan Google Hasil "Mencontek" Situs Lain?

Kompas.com - 17/06/2019, 13:28 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pernahkan Anda mencari lirik lagu kesayangan di mesin pencarian Google? Jika lagunya cukup populer, Google akan menampilkan lirik lagu sesuai kata kunci di bagian paling atas.

Dengan begitu, Anda tidak perlu menjelajah situs lain untuk menemukan liriknya, karena sudah disajikan langsung oleh Google di hasil teratas. Sayangnya, Google harus menerima tudingan bahwa data lirik yang ditampilkan adalah hasil contekan dari situs lirik lain.

Tudingan itu dilontarkan salah satu situs penyedia lirik lagu, Genius. Genius sesumbar punya bukti kuat yang akan sulit dibantahkan pihak Google. Buktinya terdapat pada tanda apostrof atau tanda kutip.

Dua jenis tanda kutip berupa dua garis tegak lurus dan satu garus lengkung yang digunakan Genius pada lirik lagu, urutannya persis sama pada setiap lagu yang ditampilkan Google.

Baca juga: Cari Lirik Lagu Lebih Cepat Pakai Google

Ketika dua jenis tanda kutip itu dikonversi ke dalam kode morse berupa titik dan garis, tanda tersebut terbaca "red handed" (tertangkap basah).

Google membantah

Genius menyebut menemukan lebih dari 100 contoh lirik lagu yang diduga dicontek Google. Atas tudingan ini, Google membantahnya. Mereka mengklaim, lirik yang ditampilkan ke hasil pencarian berasal dari mitra yang berlisensi.

"Lirik yang ditampilkan di dalam kotak informasi dan Knowledge Panels di mesin pencarian Google adalah berlisensi dari beberapa sumber dan bukan diambil dari situs web," klaim Google.

Baca juga: TikTok Jadi Sarana Baru Musisi Populerkan Lagu

Google juga mengatakan akan melakukan investigasi dan berjanji untuk mengakhiri perjanjian dengan mitra mana pun yang tidak jujur.

"Kami mengambil kualitas data dengan serius dan menjaga pertanggungjawaban dari mitra berlisensi kami terhadap perjanjian", respons Google, dilansir KompasTekno dari Engadget, Senin (17/6/2019).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com