Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Celah Keamanan, Pengguna Firefox Diminta Segera "Update"

Kompas.com - 20/06/2019, 06:56 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Uber Gizmo

KOMPAS.com - Mozilla meminta pengguna Firefox untuk segera memperbarui peramban tersebut ke versi 67.0.3. Pasalnya, Firefox 67.0 yang baru dirilis bulan Mei lalu memiliki bug dan lubang keamanan yang bisa menjadi jalan masuk bagi peretas.

Menurut laporan Mozilla Security, para peretas bisa memanfaatkan bug untuk mengambil alih PC pengguna yang dijalankan dengan Firefox versi 67.0.

Baca juga: Mozilla Perkenalkan Logo Baru Firefox

Para hacker dalam hal ini dapat menggunakan kode Javascript yang telah dimanipulasi untuk memancing pengguna mampir ke situsnya yang sudah dipasangi berbagai "jebakan" untuk menginfeksi perangkat dengan malware.

"Sebuah masalah kerentanan bisa terjadi ketika memanipulasi obyek Javascript, karena adanya masalah di Array.pop. Hal ini bisa menimbulkan serangan eksploitasi," jelas Mozilla, dikutip KompasTekno dari UberGizmo, Kamis (20/6/2019).

Pengguna peramban Firefox 67.0 dan Firefox ESR 60.7.1 bisa melakukan pembaruan secara manual sekarang dengan mengklik ikon bergambar garis horizontal yang ada di pojok kanan atas jendela browser.

Baca juga: Mozilla Siapkan Fenix, Browser Android Pengganti Firefox

Kemudian, pilih opsi "help" dair menu yang muncul, lalu "About Firefox". Nantinya akan muncul textbox bertuliskan versi Firefox yang saat ini sedang digunakan. Pada kotak tersebut, klik "Restart to update Firefox" untuk memulai pembaruan.

Bisa juga langsung menuju tautan berikut dengan membukanya di peramban Firefox. Biasanya, pembaruan akan berjalan di latar belakang (background) secara otomatis saat online. Setelah peramban di-restart, pengguna akan mendapatkan Firefox versi terbaru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Uber Gizmo


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com