Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur-fitur Tersembunyi di iOS 13 yang Jarang Diketahui

Kompas.com - 20/06/2019, 11:02 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber MASHABLE

KOMPAS.com - Pada awal Juni ini, Apple secara resmi memerkenalkan iOS 13. Sistem operasi ini membawa serangkaian fitur baru bagi pengguna.

Fitur yang paling banyak ditunggu pada iOS terbaru ini adalah mode gelap alias Dark Mode. Mode ini dapat menghemat baterai perangkat dan ramah mata karena mode ini mengubah warna dominan menjadi hitam.

Selain itu, ada pula serangkaian fitur baru lainnya mulai dari foto profil pada iMessage, hingga alat editing foto dan video yang diperbarui.

Baca juga: Begini Tampilan Mode Gelap di iOS 13

Namun ternyata di samping fitur-fitur baru yang diumumkan hadir pada iOS 13, ada pula fitur baru lain yang tersembunyi pada sistem operasi ini dan jarang diketahui kerbeadaannya.

Berikut ini adalah 9 fitur tersembunyi pada iOS 13 yang dirangkum KompasTekno dari Mashable, Kamis (20/6/2019).

1. Kontrol volume yang tak mengganggu

Banyak orang merasa terganggu ketika menekan tombol volume pada iOS sebelumnya. Pasalnya, ketika tombol ditekan, grafis indikator volume tersebut menghalangi tampilan gambar karena berukuran cukup besar.

Pada iOS 13 ini, Apple membenahi hal tersebut sehingga pengguna tak akan lagi terganggu dengan grafis kontrol volume seperti sebelumnya.

2. Pusat kontrol Wi-Fi dan Bluetooth yang lebih baik

Pada iOS versi sebelumnya, tombol untuk Wi-Fi dan Bluetooth pada Control Centre hanya digunakan untuk menyalakan dan mematikan kedua fungsi tersebut. Sementara jika pengguna ingin memilih jaringan Wi-Fi maupun Bluetooth yang tersedia harus melalui menu pengaturan.

Pada iOS 13, pengguna bisa langsung memilih jaringan Wi-Fi maupun Bluetooth yang tersedia langsung melalui tombol di Control Center. Kemunculan fitur ini sebenarnya sangat terlambat, pasalnya Android sudah memiliki fitur ini selama beberapa tahun belakangan.

3. Menu Quick Action tanpa menggunakan 3D Touch

Beberapa waktu belakangan tersiar kabar bahwa Apple akan menghilangkan fitur 3D Touch pada iPhone generasi berikutnya. Apple sebenarnya telah menghapus kemampuan 3D Touch pada ikon aplikasi untuk membuka menu Quick Actions-nya.

Alih-alih menyentuh lebih keras ikon aplikasi, pengguna kini cukup menekan ikon ikut tersebut dalam waktu yang lebih lama untuk mengaktifkan menu Quick Actions.

Bagi pengguna iPhone XR, ini adalah sebuah fitur baru. Bagi pengguna iPad pun demikian karena perangkat tersebut tidak memiliki kemampuan 3D Touch untuk memunculkan menu Quick Actions tersebut.

Halaman:
Sumber MASHABLE


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com