Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Rayakan Hari WiFi Sedunia

Kompas.com - 21/06/2019, 10:12 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kamis (20/6/2019) kemarin merupakan hari WiFi sedunia yang diinisiasi oleh Wireless Broadband Alliance.

Tujuannya mendorong peranan jaringan nirkabel itu dalam menghubungkan berbagai komunitas di berbagai belahan dunia, baik di perkotaan maupun desa-desa, ke jaringan internet lewat proyek penyediaan akses WiFi.

Salah satu pihak yang berupaya menjembatani kesenjangan digital lewat WiFi ini adalah Google yang sejak beberapa tahun lalu telah mulai menggelar WiFi Hotspot publik Google Station di sejumlah lokasi di Indonesia. Google Station bisa dipakai secara gratis oleh pengguna.

Baca juga: Google Station Bakal Sebar Internet WiFi Gratis di Indonesia

"Kami menghadirkan Google Station, yang memudahkan mitra kami memasang, menjaga dan memonetisasi jaringan Wifi yang bebas digunakan," tulis Cynthia Kim, Head of Engineering Google Station melalui keterangan resminya kepada KompasTekno, Jumat (21/6/2019)

Di Indonesia, Google bermitra dengan penyedia akses internet CBN dan FiberStar untuk menggelar Google Station.

Google bertindak sebagai pengelola kualitas koneksi WiFi tersebut menggunakan berbagai software buatannya. Sedangkan CBN dan FiberStar berperan menyediakan kabel dan akses internet yang akan disebarkan sebagai WiFi.

Layanan WiFi hotspot tersebut juga hadir di sejumlah negara di Benua Asia, Afrika, dan Amerika.

"Secara global, Google Station sudah melayani lebih dari 10 juta orang di 1.300 lokasi melintasi India, Indonesia, Meksiko, Nigeria, Filipina, Thailand, Vietnam dan baru-baru ini di Brazil," lanjut Kim.

Baca juga: Tips Aman Internetan dengan WiFi Publik

Untuk merayakan Hari WiFi Sedunia, Google membuat video yang mengisahkan bagaimana WiFi membantu seorang mahasiswa asal Bandung yang ingin belajar programming dengan menonton video tutorial di internet.

Akbar yang memiliki keterbatasan finansial, kesulitan berlangganan internet bulanan untuk menunjang tugas kuliah dan keinginannya belajar programming. Namun, hambatan ini bisa diatasi dengan terhubung ke Google Station di kampusnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com