Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekali Klik, Prosesor Intel Bisa Dibikin Ngebut

Kompas.com - 22/06/2019, 08:32 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber SlashGear

KOMPAS.com - Overclocking adalah teknik menggenjot kecepatan prosesor dengan menaikkan clockspeed di atas standar, sehingga kinerja prosesor makin ngebut.

Biasanya overclocking dilakukan dengan mengubah aneka setting rumit di BIOS komputer, mulai dari pengaturan frekuensi hingga voltase.

Nah, pekan ini Intel merilis aplikasi bernama Performance Maximizer untuk mempermudah proses overclocking, sehingga bisa dilakukan hanya dengan sekali klik dari dalam Windows.

Dalam keterangan di situsnya, Intel mengatakan bahwa Performance Maximizer menganalisis setting prosesor, kemudian melakukan pengaturan untuk meningkatkan performa lewat overclocking. Semuanya dilakukan secara otomatis.

Baca juga: Prosesor Intel Core Generasi ke-10 Meluncur

“Tool ini mempermudah tuning prosesor Intel tipe unlocked berdasarkan potensi kinerja individualnya,” sebut Intel.

Ilustrasi Intel Performance MaximizerIntel Ilustrasi Intel Performance Maximizer
Perlu ditambahkan bahwa Performance Maximizer untuk sekarang hanya mendukung prosesor Core i9, i7, dan i5 generasi kesembilan, dengan pengali frekuensi (multiplier) yang terbuka (unlocked), ditandai dengan huruf “K” di akhir nomor model.

Selengkapnya, prosesor yang didukung adalah Core i9-9900K, Core i9-9900KF, Core i7-9700K, Core i7-9700KF, Core i5-9600K, dan Core i5-9600KF. Syarat tambahannya, komputer mesti memiliki RAM minimal 8 GB dan ruang penyimpanan 16 GB.

Baca juga: Prosesor Laptop Intel Core i9-9980HK Tembus Kecepatan 5 GHz

BIOS motherboard juga perlu diperbarui, semua core prosesor dibuka, lalu fitur Processor Core Overclocking, Turbo Boost 2.0, dan Hyper-Threading diaktifkan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari SlashGear, Sabtu (22//6/2019).

Meski terkesan lebih aman dibandingkan overclocking secara manual, Intel tetap memperingatkan bahwa praktik menggenjot kecepatan prosesor di luar standarnya tetap bisa merusak, atau mengurangi umur komponen tersebut.

Intel Performance Maximizer tersedia secara cuma-cuma dan bisa diunduh lewat tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SlashGear


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com