Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PlayStation 5 Bisa Jalankan Game Tanpa "Loading"?

Kompas.com - 25/06/2019, 19:16 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Inverse

KOMPAS.com - Layar "loading" kerap mengganggu pemain saat berkelana di dalam game. Pasalnya, tidak ada yang bisa dilakukan kecuali menunggu game selesai memuat data untuk melanjutkan permainan.

Nah, loading yang menjengkelkan ini kabarnya tak akan terjadi lagi di konsol game mendatang dari Sony, PlayStation 5. Dugaan itu berasal dari sebuah paten baru yang diajukan oleh Sony ke Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat (USPTO).

Di dalamnya terpapar mekanisme loading game yang tidak menginterupsi kegiatan bermain. Dijelaskan bahwa game akan mengantisipasi area mana yang akan dimasuki pemain, lantas melakukan loading  lebih dulu di background sebelum pemain tiba.

Baca juga: XBox "Project Scarlett" Meluncur 2020, Hardware Lebih "Ngebut"

Misalnya, pada sebuah game open-world seperti Grand Theft Auto (GTA), ketika pemain sedang berada di map A dan hendak pindah ke map B, maka sistem akan membaca data-data di map B terlebih dahulu sebelum pemain menyambanginya.

Ilustrasi pembagian lingkungan game dan waktu loading berdasarkan pergerakan pemain dalam paten Sony. Sony/ USPTO Ilustrasi pembagian lingkungan game dan waktu loading berdasarkan pergerakan pemain dalam paten Sony.
Sistem loading baru ini bekerja secara otomatis dengan mendeteksi pergerakan pemain. Lingkungan game sendiri dibagi-bagi untuk memastikan proses perpindahan lokasi bisa berjalan mulus.

"Instruksi yang berkenaan dengan lingkungan game berikutnya dimuat ke memori saat karakter pemain melewati batasan tertentu, sehingga game tidak terinterupsi," tulis Sony dalam dokumen patennya, dirangkum KompasTekno dari Inverse, Selasa (25/6/2019).

Perusahaan lain sebenarnya sudah menerapkan teknologi serupa untuk meminimalisir loading, misalnya developer Rockstar di game Red Dead Redemption 2. Namun, di PS5, kemungkinan implementasinya akan lebih baik.

Baca juga: Sony Ungkap Spesifikasi PS5, Bisa 8K dan Mainkan Game PS4

Apalagi, PS5 konon akan dibekali hardware serba mumpuni, termasuk media penyimpanan SSD dan RAM jenis GDDR6 sehingga bisa membantu mempersingkat waktu loading yang notabene merupakan proses memuat data game ke dalam memori. 

Kendati demikian, masih belum jelas apakah jeda loading akan benar-benar hilang pada PS5 atau sekadar berkurang jauh sehingga tidak mengganggu.

Sebelumnya, pada April lalu, Sony sempat mendemonstrasikan purwarupa perangkat konsol game yang diduga merupakan PS5. Konsol ini hanya membutuhkan waktu loading 0,8 detik untuk game Spiderman. Sementara, PS4 butuh waktu loading 15 detik untuk game yang sama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Inverse


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com