Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Bikin Aplikasi Chatting Tanpa Pulsa, WiFi, atau Bluetooth

Kompas.com - 28/06/2019, 11:02 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Revolusi komunikasi via pesan teks semakin banyak berubah. Jika dulu SMS menjadi layanan penting, fungsinya kini digantikan aplikasi layanan pesan instan yang menggunakan jaringan internet sebagai pengganti pulsa.

Inovasi lain juga sedang disiapkan vendor smartphone asal China, Oppo. Mereka memperkenalkan MeshTalk, layanan pesan instan yang tidak membutuhkan pulsa, paket data, WiFi, maupun Bluetooth untuk berkirim pesan.

MeshTalk bisa memuat pesan berupa teks, suara, hinga telepon ke sesama ponsel Oppo. Lantas, bagaimana cara mengoneksikan antar pengguna?

MeshTalk merupakan layanan terdesentralisasi dengan menggunakan sistem end-to-end. Ia menggunakan sinyal yang terbenam di dalam perangkat.

Baca juga: Instagram Uji Coba Fitur Chatting Lewat PC

Sinyal ini bisa menciptakan area lokal secara ad hoc untuk menghubungkan antar perangkat Oppo hingga jarak tiga kilometer. Oppo mengklaim layanan ini tidak akan banyak mempengaruhi usia baterai.

Bahkan Oppo mengklaim aplikasi MeshTalk tetap bisa berfungsi saat daya ponsel sedang kritis.

Menurut Oppo, MeshTalk bisa dimanfaatkan untuk IoT, navigasi dalam ruangan, dan marketing. Layanan ini belum final, sebagaimana KompasTekno lansir dari Android Authority, Jumat (28/6/2019).

Oppo masih akan memperbaiki beberapa hal seperti konsumsi daya dan kekuatan sinyal. Belum diketahui kapan layanan ini akan diluncurkan.

Baca juga: Semua Pengguna WhatsApp Android Kini Bisa Nonton Video Sambil Chatting

Oppo juga tidak menjabarkan model atau spesifikasi ponsel apa yang bisa digunakan untuk mengakses MeskTalk. Sejatinya, layanan semacam ini bukanlah baru pertama muncul.

Tahun 2014 lalu, layanan serupa muncul dengan nama FireChat. Namun saat itu, layanan tersebut masih bertumpu pada koneksi Bluetooth dan peer-to-peer WiFi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com