Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone Meledak Hanguskan Seisi Apartemen

Kompas.com - 29/06/2019, 12:36 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seluruh isi apartemen milik seorang wanita di China hangus terbakar setelah iPhone yang tengah diisi dayanya (charge), meledak dan terbakar. Kejadiannya bermula saat ia meninggalkan iPhone yang sedang di-charge di apartemennya.

Saat ia kembali ke apartemen siang hari, ia mendapat kabar dari ibunya bahwa apartemennya dilanda kebakaran. Dari dalam kabar, didapati ponsel iPhone dalam kondisi koyak dan hangus, diduga iPhone itu meledak dan menjadi penyebab kebakaran.

Namun demikian, belum diketahui apa sebenarnya yang membuat iPhone tersebut meledak. berdasarkan pengakuan dari pemilik iPhone ini, kabel beserta kepala charger yang digunakan untuk mengisi daya iPhone tersebut asli buatan Apple, bukan buatan pabrikan lain.

Seperti diketahui, kebanyakan kasus ponsel meledak adalah komponen atau aksesori non-orisinal, seperti charger atau baterai.

Baca juga: 10 Tips untuk Mencegah Ponsel Terbakar dan Meledak

Wanita yang tidak disebut namanya itu pun melaporkan kasus ini ke pihak Apple untuk mencari tahu penyebab iPhone-nya meledak. Namun, ia berkata bahwa Apple butuh waktu dua bulan untuk melakukan penyelidikan.

Pihak Apple juga belum memberikan pernyataan resmi mengenai masalah ini secara lebih lanjut.

iPhone 6 atau iPhone 7?

Pada serangkaian foto yang tersebar di situs micro-blogging Weibo, tampak deretan foto perangkat iPhone yang hangus terbakar dan mengalami kerusakan fatal.

Dilihat dari kerusakannya, ledakan yang dialami cukup besar dan menghanguskan sisi punggung dan sebagian muka iPhone tersebut. Belum ada informasi spesifik apa model iPhone yang meledak ini.

Ilustrasi iPhone meledakWeibo Ilustrasi iPhone meledak

Namun, jika dilihat dengan saksama pada gambar, iPhone tersebut memiliki jack earphone 3,5 mm, sehingga muncul spekulasi bahwa itu adalah iPhone 6 atau iPhone 6s, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PhoneArena, Sabtu (29/6/2019).

Baca juga: Kasus Pertama iPhone XS Max Terbakar, Sampai Bikin Celana Bolong

Seri iPhone mulai dari iPhone 7 hingga seri iPhone XS memang tidak memiliki jack earphone 3,5 mm.

Adapun seri iPhone 5 dan sebelumnya memiliki bodi dan layar yang ramping, tidak lebar seperti iPhone yang tampak di gambar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com