Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi: WhatsApp Hindarkan Orang dari Rasa Kesepian

Kompas.com - 01/07/2019, 15:05 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Efek penggunaan media sosial bagi kesehatan mental masih menjadi perdebatan di kalangan peneliti.

Beberapa riset mengatakan bahwa terlalu aktif di media sosial, membawa dampak buruk bagi kesehatan mental, seperti timbulnya rasa frustasi dan iri.

Namun, media sosial tidak melulu berdampak buruk. Sebuah studi mengungkap bahwa semakin sering menggunakan WhatsApp setiap hari membuat orang tidak merasa kesepian.

Temuan itu dimuat dalam studi berjudul "Psychosocial Outcomes Associated with Engagement with Online Chat Systems" yang dipublikasikan dalam jurnal Human-Computer Studies.

Baca juga: Studi: Media Sosial Bikin Orang Indonesia Iri dan Frustrasi

"Lebih banyak waktu yang dihabiskan orang untuk mengakses WhatsApp, akan lebih membuat pengguna merasa dekat dengan teman dan keluarga, mereka juga menganggap hubungan ini menjadi hubungan yang berkualitas," jelas Linda Kaye, profesor di Universitas Edge Hill.

Semakin erat ikatan pertemanan dan semakin kuat pengguna merasa terafiliasi dengan Grup WhatsApp, mereka akan merasa bahwa harga diri dan kompetensi sosialnya lebih positif.

Kendati grup WhatsApp banyak dikeluhkan karena tak jarang menimbulkan frustasi, penelitian Kaye justru mengatakan bahwa grup WhatsApp mengurangi rasa kesepian.

"Penelitian ini menunjukkan bagaimana faktor terkait ikatan sosial menjadi sangat relevan dalam bidang ini, untuk memahami bagaimana penggunaan teknologi yang berhubungan dengan kesejahteraan psikososial," kata Kaye, dilansir KompasTekno dari Gadgets 360, Senin (1/7/2019).

Baca juga: Separuh Penduduk Indonesia Sudah Melek Media Sosial

"Hal ini memperlihatkan bahwa teknologi sosial seperti WhatsApp, bisa menstimulasi hubungan yang sudah ada dan memberi kesempatan untuk berkomunikasi, hal itu bisa meningkatkan aspek kesejahteraan yang positif bagi pengguna," tambah Kaye.

Studi ini melibatkan 200 pengguna yang terdiri dari 158 wanita dan 42 pria dengan rata-rata usia 24 tahun. Rata-rata responden menghabiskan waktunya untuk mengakses WhatsApp selama 55 menit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com