Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelanggan Berbayar Apple Music Tembus 60 Juta

Kompas.com - 02/07/2019, 09:35 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Uber Gizmo

KOMPAS.com - Pelanggan berbayar Apple Music diklaim sudah mencapai 60 juta pengguna. Laporan tersebut dibeberkan langsung oleh Eddy Cue, kepala iTunes Apple.

Jumlah ini naik 10 juta pengguna dibanding laporan pada awal April lalu. Sebenarnya tak sulit bagi Apple meraih angka ini. Sebab, Apple Music telah tertanam di setiap perangkat iOS.

Apabila pengguna ingin mengaksesnya, mereka harus berlangganan dulu untuk mengaktifkan Apple Music.

Baca juga: Merasa Dicurangi, Spotify Tuntut Apple

Bagi sebagian kalangan cara ini lebih mudah dibanding harus mengunduh aplikasi lain dari pihak ketiga, lalu membuat akun, baru kemudian berlangganan.

Ihwal jumlah pengguna, Apple Music masih kalah saing dari layanan serupa, Spotify, dengan selisih jumlah pelanggan berbayar yang jauh.

Bulan April lalu, Spotify mengklaim memiliki 100 juta pengguna premium (berbayar). Sementara, jumlah pelanggan berbayar Apple Music di saat yang sama hanya 50 juta, dihimpun KompasTekno dari UberGizmo, Selasa (2/7/2019).

Baca juga: Apple Resmi Pensiunkan iTunes

Spotify tercatat memiliki keseluruhan sebanyak sebesar 217 juta pengguna aktif bulanan pada April lalu. Pengguna Spotiy bisa banyak karena layanan musik alir asal Swedia ini memberikan opsi berlangganan secara gratisan alias disubsidi iklan,

Apple pun agaknya mulai memasang strategi baru. iTunes telah dipensiunkan dan aplikasi musik standalone baru telah disediakan.

Aplikasi Apple Music standalone.Apple Aplikasi Apple Music standalone.

Tidak hanya aplikasi musik, Apple TV, dan podcast juga akan memiliki aplikasinya sendiri. Perombakan ini sudah terlihat di pembaruan MacOS Catalina yang dirilis Apple 3 Juni lalu dalam ajang Worldwide Developers Conference 2019 (WWDC).

Baca juga: Apple Kenalkan MacOS Catalina, Ini Fitur-fiturnya

Dari beberapa pengguna yang telah mencoba dalam versi beta, tampilan aplikasi Apple Music tidak jauh berbeda dengan tampilan iTunes. Pengguna iTunes lama pun tidak akan kebingungan mengotak-atik aplikasi ini.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Uber Gizmo


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com