Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Daftar Kecepatan Internet Operator Seluler di Indonesia

Kompas.com - 03/07/2019, 11:05 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber OpenSignal

KOMPAS.com — Perusahaan riset jaringan mobile Open Signal merilis hasil penelitian terbaru berjudul "Laporan Pengalaman Jaringan Seluler Juli 2019" untuk wilayah Indonesia.

Di dalamnya, Open Signal antara lain menjabarkan kecepatan internet dari lima operator seluler Tanah Air, yakni Indosat Ooredoo, XL Axiata, Smartfren, Telkomsel, dan Hutchinson Tri (3).

Baca juga: Aturan Blokir Ponsel Black Market Akan Disahkan Bulan Depan

Telkomsel muncul sebagai operator yang mencatat speed download dan upload tertinggi secara nasional berdasarkan hasil uji Open Signal. Kecepatan unduh rata-rata di jaringan Telkomsel mencapai 9,8 Mbps.

Matrik pengalaman kecepatan pengunduhan operator seluler di IndonesiaOpenSignal Matrik pengalaman kecepatan pengunduhan operator seluler di Indonesia
Kecepatan pengunduhan di jaringan internet Telkomsel lebih cepat sekitar 2,4 Mbps dari XL yang menduduki posisi kedua dalam hal ini.

Untuk upload, kecepatan rata-rata yang diraih Telkomsel adalah 3,7 Mbps, bersaing ketat dengan XL yang mencatat 3,4 Mbps di posisi kedua.

Baca juga: Kecepatan Streaming Video Diuji Global, Indonesia Termasuk Paling Buruk

Urutan ketiga, keempat, dan kelima masing-masing ditempati oleh Tri (5,2 Mbps download/ 3,2 Mbps download), Indosat (4,8 Mbps download/ 2,5 Mbps upload), dan Smartfren (4,5 Mbps download/ 1,2 Mbps upload). 

Matrik pengalaman kecepatan pengunggahan operator seluler di IndonesiaOpenSignal Matrik pengalaman kecepatan pengunggahan operator seluler di Indonesia


Riset Open Signal dilakukan di 16 kota besar di Indonesia, yakni DKI Jakarta, Bekasi, Bogor, Depok, Tangerang, Bandung, Yogyakarta, Makassar, Medan, Palembang, Bandar Lampung, Pekanbaru, Semarang, Surabaya, Denpasar, dan Batam.

Sebagaimana tertuang dalam keterangan Open Signal yang diterima KompasTekno, Rabu (3/7/2019), pengumpulan data untuk "Laporan Pengalaman Jaringan Seluler Juli 2019" melibatkan sebanyak 3,3 juta perangkat dalam periode waktu 1 Februari hingga 1 Mei 2019.

Telkomsel turun, Smartfren, Indosat, dan XL naik

Telkomsel menjadi operator dengan raihan nilai tertinggi untuk empat dari lima parameter pengukuran yang diujikan, yakni kecepatan download, kecepatan uploadlatency, dan pengalaman video.

Baca juga: Ini Waktu Terlelet untuk Akses 4G di Indonesia

Perusahaan pelat merah ini hanya kalah dari Smartfren dalam urusan ketersediaan jaringan 4G. Smartfren sejak 2017 memang sudah mematikan jaringan CDMA miliknya sehingga kini sepenuhnya hanya mengoperasikan jaringan 4G LTE.

Meski demikian, Open Signal mencatat bahwa kecepatan unggah Telkomsel mengalami penurunan sebesar 1 Mbps dalam waktu 6 bulan terakhir. Sementara upload speed Indosat, Smartfren, dan XL mencatat kenaikan minimal 0,5 Mbps dalam periode waktu yang sama.

Dalam jangka waktu tersebut, kecepatan unduh Smartfren tercatat turun sebesar 1,8 Mbps. Padahal, sebelumnya operator ini sempat menjuarai uji download di laporan Open Signal untuk Juni 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber OpenSignal


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com