Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dituduh Jiplak Memoji Apple, Apa Kata Xiaomi?

Kompas.com - 04/07/2019, 07:09 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Mac Rumors

KOMPAS.com - Bersama dengan trio ponsel Mi CC 9 yang meluncur di China pekan ini, Xiaomi turut memperkenalkan fitur baru bernama"Mimoji" yang merupakan avatar 3D berbasis Augmented Reality (AR).

Kemunculan Mimoji segera memancing tudingan bahwa Xiaomi sekali lagi telah menjiplak Apple, kali ini dalam hal rancangan Mimoji yang dinilai serupa Memoji di iOS.

Pengguna di media sosial China, Weibo, banyak membanding-bandingkan kemiripan dua fitur avatar 3D untuk aktivitas chatting tersebut.

Baca juga: Trio Ponsel Selfie Xiaomi Mi CC 9 Resmi Meluncur

Tampilan animasi 3D bergaya kartun pada Mimoji memang terlihat mirip dengan Memoji yang pertama kali diperkenalkan Apple pada pertengahan tahun lalu sebagai tambahan untuk Animoji. 

Penampilan Memoji bisa diubah-ubah sesuka hati pengguna, sementara ekspresinya mengikuti raut wajah pengguna dengan teknologi AR lewat tangkapan kamera. Mimoji buatan Xiaomi pun punya kemampuan serupa. 

Ilustrasi Memoji AppleMacRumors Ilustrasi Memoji Apple

Menanggapi tudingan menjiplak Apple, Xiaomi angkat bicara dengan merilis keterangan resmi. Isinya tak lain merupakan bantahan.

"Kami telah melakukan audit internal dan tidak menemukan bukti bahwa karakter Mimoji kami merupakan hasil plagiat dari kompetitor, termasuk Apple," sebut pihak Xiaomi.

General Manager Public Relations Xiaomi Xu Jieyun turut mengatakan bahwa Xiaomi sebenarnya telah merilis Mimoji pada Mei 2018, meski belum berupa wajah manusia melainkan sejumlah maskot binatang. Nama yang ketika itu digunakan adalah "Mimoji".

Baca juga: Apple Rilis Memoji Sebagai Pesaing AR Emoji Samsung

Sementara itu, menurut Xu, Apple baru menggunakan nama "Memoji" pada Juni 2018, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmochina, Kamis (4/7/2019).

Dia juga mengatakan bahwa ada perbedaan "functional logic" antara Mimoji dan Memoji. Lalu, nama keduanya disebut Xu sama-sama berasal dari kata "Emoji".

Nama "Memoji" sendiri sebenarnya sudah pernah digunakan oleh sebuah aplikasi pembuat emoji dari wajah pengguna pada 2017.

Lalu, soal animasi 3D wajah manusia untuk avatar, Samsung lebih dulu dari Xiaomi maupun Apple dengan merilis AR Emoji pada Februari 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mac Rumors


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com