Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp dan Instagram Tumbang, Facebook Minta Maaf di Twitter

Kompas.com - 04/07/2019, 08:07 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi Facebook, Instagram, dan WhatsApp kembali tumbang untuk kesekian kalinya pada Rabu (3/7/2019) malam.

Para pengguna ketiga layanan itu mengeluhkan berbagai macam masalah, mulai video Stories yang tidak bisa diakses di Instagram, foto yang tidak muncul di Facebook, hingga WhatsApp yang tak bisa mengirim gambar.

Baca juga: Layanan Facebook, Instagram, dan WhatsApp Down Malam Ini

Tak lama lama setelah layanannya bertumbangan, pihak Facebook merilis permohonan maaf lewat jejaring sosial tetangga, Twitter.

"Kami menyadari bahwa beberapa pengguna kesulitan mengunggah atau mengirim gambar, video, dan file lainnya di aplikasi kami. Mohon maaf atas masalahnya, kami sedang berupaya menormalkan situasi secepat mungkin," kicau Facebook lewat akun resminya.

Pesan yang sama juga diunggah oleh akun jejaring sosial Instagram di Twitter dengan handle @instagram.

Situs DownDetector.com mendeteksi layanan Facebook, Instagram, dan WhatsApp mulai bermasalah sekitar pukul 21.00 WIB Rabu kemarin. Sebagian besar gangguan terkonsentrasi di Benua Eropa dan Amerika.

Baca juga: Pendiri WhatsApp Ajak Hapus Akun Facebook

Puncak gangguan yang juga dialami oleh para pengguna ketiga layanan di Indonesia tersebut terjadi sekitar pukul 23.00 WIB dan masih berlangsung hingga beberapa jam setelahnya. Dini hari tadi masih terdeteksi gangguan di berbagai negara di seluruh dunia.

Layanan Instagram, Facebook, dan WhatsApp kini berangsur normal kembali. Ketika dijajal oleh KompasTekno pagi ini sekitar pukul 07.00 WIB, ketiganya sudah bisa digunakan tanpa kendala.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com