Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Penyebab Facebook, Instagram, dan WhatsApp Gangguan Berjam-jam

Kompas.com - 04/07/2019, 10:47 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Malam tadi, layanan Facebook, Instagram, dan WhatsApp kembali tumbang bersamaan pada Rabu (3/7/2019) malam.

 Baca juga: Layanan Facebook, Instagram, dan WhatsApp Down Malam Ini

Menurut pantauan dari situs DownDetector.com, gangguan sempat terjadi selama berjam-jam, mulai sekitar pukul 21.00 WIB kemarin hingga dini hari tadi, sebelum akhirnya dinyatakan sudah berhasil diatasi pagi ini.

Ilustrasi layanan Facebook, Instagram, WhatsApp downKOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi layanan Facebook, Instagram, WhatsApp down
Apa penyebab gangguan berbarengan yang sudah kesekian kalinya terjadi pada Facebook, Instagram, dan WhatsApp itu?

Melalui akun Twitter resmi miliknya, Facebook mengatakan tumbangnya ketiga layanan disebabkan oleh kesalahan sistem yang terjadi pada saat maintenance berkala.

Baca juga: Facebook, WhatsApp, dan Instagram Kembali Normal Pagi Ini

"Pada saat operasi pemeliharaan rutin kami dilakukan, kami (tidak sengaja) memicu sebuah masalah yang kemudian membuat sebagian pengguna sulit untuk mengirim foto dan video," ujar pihak Facebook sekitar pukul 2 dini hari tadi.

Pernyataan yang kurang lebih sama dilontarkan juga oleh Facebook di halaman Facebook for Developers.

Hanya saja, di situs tersebut pihak Facebook membeberkan penyebab tumbangnya layanan mereka secara lebih spesifik, yakni berkaitan dengan penurunan kinerja di endpoint API di platform milik Facebook.


Sebelumnya, semua layanan di bawah naungan Facebook Inc., yakni Facebook, Instagram, dan WhatsApp dilaporkan bermasalah. Sebagian besar gangguan terkonsentrasi di benua Eropa dan Amerika, tapi juga banyak dialami di Indonesia.

Baca juga: WhatsApp dan Instagram Tumbang, Facebook Minta Maaf di Twitter

Banyak pengguna yang mengeluh tidak bisa menunduh dan mengunggah file media seperti foto atau video. Ada pula yang tidak bisa menerima dan mengirim pesan.

Pengguna Instagram mengaku gagal memuat Stories sementara pengguna Facebook kesuliltan mengalami log-in, dan tidak bisa memuat Facebook Stories serta foto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com