Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Bermasalah, Keyboard "Butterfly" MacBook Bakal Diganti?

Kompas.com - 09/07/2019, 07:12 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber 9to5mac

KOMPAS.com - Peminat MacBook generasi terbaru nampaknya bakal bisa bernafas lega. Pasalnya, Apple disebut-sebut ingin mengganti keyboard tipis "Butterfly" yang dikenalkan pada 2015 lalu, dengan desain keyboard baru.

Rumor ini berhembus dari laporan Ming-chi Kuo, seorang analis yang dikenal sering memprediksi dengan tepat segala seluk beluk produk Apple, seperti perkembangan bisnis maupun produk Apple seperti iPhone hingga MacBook.

Menurut Kuo, keyboard teranyar MacBook memiliki desain berdasar mekanisme "scissor-switch", di mana keyboard bakal menggunakan lapisan serat kaca untuk menopang "tuts" di papan keyboard.

Ia juga menambahkan bahwa keyboard dengan desain baru itu bakal lebih kuat dibandingkan keyboard butterfly. Keyboard scissor-switch ini juga disebut lebih murah untuk dirakit, dibandingkan keyboard butterfly.

Baca juga: Apple Akui Keyboard Kupu-kupu MacBook Bermasalah

Kendati begitu, belum diketahui bagaimana desain keyboard terbaru Apple ini secara lebih lanjut. Pihak Apple pun belum memberikan pernyataan resmi terkait kabar penggantian keyboard butterfly ini.

Namun, keyboard scissor-switch disinyalir bakal meluncur secara perdana bersamaan dengan jejeran seri MacBook Air tahun 2019, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari 9to5Mac, Selasa (9/7/2019).

Sementara keyboard tersebut dikabarkan bakal menyambangi seri MacBook Pro pada tahun berikutnya.

Akui sering bermasalah

Sebelumnya, Apple sempat mengakui bahwa keyboard butterfly yang tertanam di beberapa seri MacBook mereka memang sedikit bermasalah. Deretan tombol butterfly keyboard ini disebut sering macet apabila debu atau partikel serupa menyelip di bawahnya.

Tombol-tombol juga sering menempel, sehingga menimbulkan double stroke (dua kali tekan) tanpa dikehendaki.

Baca juga: Cara Apple Perbaiki Masalah Keyboard di MacBook Pro 2018

Apple sebenarnya berupaya meningkatkan keandalan keyboard butterfly, seperti menggelar program perbaikan keyboard dan memperbarui komponen keyboard tersebut. Namun demikian, kendala masih tetap terjadi.

Di situs resminya, Apple pun menyarankan pengguna keyboard butterfly yang bermasalah karena debu, agar membersihkan perangkatnya dengan compressed air.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5mac


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com