Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Bertemu Prabowo, #03PersatuanIndonesia Bergaung di Twitter

Kompas.com - 13/07/2019, 11:05 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya setelah Pilpres 2019, Calon Presiden 01 Joko Widodo dan Calon Presiden 02 Prabowo Subianto akhirnya bertemu. Jokowi bertemu Prabowo, keduanya memakai baju bernuansa putih.

Jokowi bertemu Prabowo di stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Sabtu (13/7/2019). Keduanya saling berjabat tangan.

Pertemuan Jokowi dan Prabowo menyiratkan pesan damai untuk kedua pendukung Capres Pilpres 2019, yang sempat memanas, sejak masa kampanye hingga pasca-penghitungan suara.

Suasana kesejukan mulai terasa di Twitter, di mana tagar #03persatuanindonesia ramai dikicaukan warganet, reaksi atas Jokowi bertemu Prabowo.

Baca juga: Boyband K-Pop Kalahkan Popularitas Jokowi dan Prabowo di Twitter

Banyak di antara mereka mengutarakan reaksinya terhadap pertemuan Jokowi dan Prabowo, dan dilanjutkan dengan tagar #03persatuanIndonesia.

Reaksi warganet atas pertemuan Jokowi dan Prabowo memang beragam. Tidak semua senang namun ada pula yang optimis.

Direktur Komunikasi Indonesia Indicator, Rustika Herlambang dalam kicauannya memetakan beragam reaksi warganet saat Jokowi bertemu Prabowo. Dari analisis Tika, banyak warganet yang menyampaikan harapan serta dukungan terhadap upaya rekonsiliasi Jokowi dan Prabowo.

Baca juga: Jokowi Ternyata Benar-benar Baca Pesan dari Media Sosial

Dalam grafik, reaksi akan kepercayaan (trust) ini diwakilkan dengan warna hijau. Sebagian lainnya mengutarakan kekecewaan atau ketidak setujuannya terhadap pertemuan Jokowi dan Prabowo. Reaksi ini dicitrakan dengan warna ungu.

Masih dari grafis yang sama, sebagian kecil warganet senang (joy) akan rekonsiliasi yang terjadi. Rasa senang diwakilkan dengan warna kuning di sisi atas. Grafis ini masih akan berkembang dan bisa saja berubah nantinya.

Setelah Jokowi bertemu Prabowo, keduanya diagendakan makan siang bersama di Restoran Sate Senayan di mal FX Sudirman. Kabar terakhir mengatakan, Jokowi dan Prabowo akan menggelar konferensi pers di restoran tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com