Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook dan Instagram Tahun Ini Makin Sering Tumbang

Kompas.com - 15/07/2019, 09:10 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apakah Anda merasa bahwa Facebook dan Instagram belakangan sering tumbang? Sepanjang 2019 hingga sekarang, media-media sosial tersebut tercatat sudah 4 kali down. Biasanya WhatsApp yang sama-sama berada di bawah Facebook ikut terdampak.

Menurut data dari situs pendeteksi layanan online, Downdetector, layanan Facebook dan Instagram tahun ini memang lebih sering mengalami error dibanding tahun lalu.

Baca juga: Facebook, WhatsApp, dan Instagram Sudah 4 Kali "Down" Bersamaan di 2019

Dalam enam bulan pertama tahun 2019, angka downtime Instagram naik hampir dua kali lipat dibanding tahun lalu, yakni sebesar 90 persen. Facebook sendiri justru lebih parah dengan downtime 281 persen.

Situs Downdetector tidak menyebutkan berapa total waktu tumbang Facebook dan Instagram.
Namun, dirangkum KompasTekno dari Business Insider, Senin (15/7/2019), Facebook dan Instagram terbilang lebih sering error dibanding aplikasi pesaing.

Downdetector membandingkan kedua layanan itu dengan Twitter dan Snapchat. Keduanya relatif lebih stabil ketimbang Facebook dan Instagram.

Baca juga: Cara Mengetahui WhatsApp, Instagram, Facebook, dan YouTube Sedang "Error"

Akan tetapi, Snapchat sempat mengalami peningkatan downtime bulan Juni lalu yang disebabkan oleh pusat penyimpanan data Google Cloud.

Facebook, Instagram, juga WhatsApp makin sering tumbang di tengah rencana Facebook mengintegrasikan platform ketiga layanan. Integrasi ini ditargetkan rampung akhir tahun 2019 atau awal 2020.

Beberapa pihak pun menduga kejadian error yang dialami Facebook dkk berkaitan dengan rencana integrasi tersebut.

Baca juga: Ingkar Janji Mark Zuckerberg kepada WhatsApp, Instagram, dan Messenger

Seringnya layanan Facebook yang tumbang sejatinya bukan kabar baik. Sebab, dua tahun belakangan mereka kerap dihantam isu keamanan data pribadi pengguna. Hal ini bisa saja mengikis kepercayaan miliaran pengguna layanan Facebook.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com