Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Hapus 7 Aplikasi Penguntit dari Play Store

Kompas.com - 19/07/2019, 13:12 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber 9to5Google

KOMPAS.com - Perusahaan antivirus Avast baru-baru ini menemukan ada tujuh aplikasi jahat yang sempat beredar di Play Store dan mencari korban dari kalangan pengguna Android.

Menurut hasil penelitian Avast, ketujuh aplikasi tersebut masuk dalam kategori "penguntit" alias stalkerware. Program jahat jenis ini bisa melacak dan mengintip informasi sensitif dari ponsel milik pengguna, seperti data lokasi, daftar kontak, isi SMS, dan riwayat panggilan.

Bahkan, apabila ponsel di-root, tujuh aplikasi yang sama-sama berasal dari satu developer asal Rusia itu juga bisa mencegat pesan yang dikirim lewat WhatApp. Data pribadi dari ponsel dikirimkan ke pembuat aplikasi via e-mail.

Baca juga: "Agen Smith" Menyamar Bawa Aplikasi Palsu di 25 Juta Ponsel Android

Untungnya, pihak Avast melaporkan hasil temuannya ke Google yang kemudian menghapus ketujuh aplikasi terkait. Sebanyak empat aplikasi dihapus Google pada Selasa pekan ini, kemudian sisanya dihapus pada hari Rabu.

"Aplikasi ini mempromosikan perilaku kriminal dan dapat disalahgunakan. Kami dapat mengindentifikasi aplikasi semacam ini dengan cepat dan bekerja sama dengan Google untuk menghapusnya," ungkap Nikolaos Chrysaidos, Kepala Keamanan Mobile Avas

Nama ketujuh aplikasi tersebut adalah sebagai berikut:

Track Employees Check Work Phone Online Spy Free
Spy Kids Tracker
Phone Cell Tracker
Mobile Tracking
Spy Tracker
SMS Tracker
Employee Work Spy

Aplikasi-aplikasi stalkerware di atas sempat diunduh sebanyak 130.000 kali sebelum akhirnya dihapus oleh Google.

Dirangkum KompasTekno dari 9to5 Google,  Jumat (19/7/2019), pengguna Android yang sempat mengunduh salah satunya disarankan untuk melakukan factory reset.

Baca juga: China Mata-matai Turis Asing Lewat Ponsel yang Dibawa

Sebab, begitu terpasang, aplikasi secara otomatis akan menyembunyikan aktivitas mata-matanya dari pandangan pengguna. Bahkan, pengguna bisa dibuat tidak tahu apabila aplikasi sedang berjalan.

Karena itulah, cara yang paling memungkinkan untuk mengenyahkan mereka adalah dengan menghapus total memori perangkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5Google


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com