Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DJI Rilis “Gimbal Stabilizer” Ronin SC untuk Kamera Mirrorless

Kompas.com - 19/07/2019, 15:11 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Pabrikan drone asal China, DJI, pekan ini memperkenalkan aksesori handheld stabilizer bernama Ronin SC, yang didesain khusus untuk kamera tipe mirrorless.

Dibandingkan Ronin S sebelumnya, Ronin SC (compact) berukuran lebih ringkas dan ringan dengan bobot hanya 1,1 kg, atau hampir setengah dari Ronin S.

“Ronin SC lebih mudah untuk dibawa, disiapkan, dan digunakan, tapi masih dibekali dengan fitur dan teknologi canggih,” ujar Senior Product Manager DJI Paul Pan.

Lantaran lebih kecil, kapasitas beban maksimal Ronin SC pun berkurang menjadi hanya 2 kg, sementara Ronin S diketahui sanggup menopang kamera dan lensa hingga sebesar 3,6 kg.

Baca juga: Setelah Huawei, Produsen Drone DJI Bakal Diblokir AS?

Namun, hal tersebut mungkin bukan masalah karena kamera dan lensa mirrorless pada umumnya memang lebih ringan dibandingkan DSLR.

DJI Ronin SCDJI DJI Ronin SC
Ronin SC memiliki pegangan utama yang terbuat dari gabungan logam magnesium, aluminium, dan plastik. Kamera dipasang di gimbal 3-axis. Ada joystick dan sejumlah tombol untuk mengendalikan gerakan gimbal.

Sebagaimanan dirangkum KompasTekno dari The Verge, Kamis (18/7/2019), DJI mengklaim Ronin SC sebagai handheld stabilizer “terkecil, teringan, dan terpintar”.

Ada dua fitur baru yang ditambahkan. Pertama adalah Active Track 3.0 yang memungkinkan kamera mengikuti gerakan subyek (tracking) via aplikasi di smartphone yang terpasang di hotshoe Ronin SC. Fungsinya mirip dengan drone DJI dan kamera Osmo.

Fitur baru kedua adalah Force Mobile, yakni versi lebih ringan dari Force Pro, untuk mensinkronkan gerakan gimbal dengan perangkat mobile yang kompatibel. Jarak maksimal pengendalian mencapai 25 meter secara wireless lewat koneksi bluetooth 5.0.

DJI sudah mulai memasarkan Ronin SC dalam dua paket, yakni paket “Essential” seharga 440 dollar AS (Rp 6,2 juta) dan paket “Pro Combo" yang meyertakan Focus Motor baru, Focus Wheel, dan Remote Star Stop Splitter seharga 540 dollar AS (Rp 7,6 juta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com