Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo dan Vivo Pamer "Dual Wi-Fi", Internet Makin Ngebut

Kompas.com - 22/07/2019, 10:17 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber SlashGear

KOMPAS.com - Oppo dan Vivo, dua vendor smartphone asal China yang bernaung di bawah perusahaan BBK Electronics, serentak memamerkan teknologi Dual Wi-Fi di ponsel flagship-nya masing-masing.

Seperti namanya, teknologi Dual Wi-Fi memungkinkan pengguna menyambungkan perangkat ke dua jaringan internet wireless (hotspot).

Dengan fitur tersebut, koneksi internet di smartphone Oppo dan Vivo diklaim bakal lebih cepat dan stabil.

Video Oppo

Pada video yang dipamerkan oleh Oppo di Weibo, pihaknya menggunakan sejumlah ponsel Oppo Reno 10x Zoom untuk mendemonstrasikan fitur Dual Wi-Fi ini.

Baca juga: Oppo, Huawei, dan Vivo Dapat Lampu Hijau untuk Jual Ponsel 5G di China

Pada video itu, salah satu ponsel Oppo Reno 10x Zoom memiliki fitur Dual Wi-Fi, dan kemudian pendemo menyambungkan perangkat ke dua jaringan hotspot.

Kedua jaringan juga memiliki frekuensi bandwidth yang berbeda, satu jaringan dengan frekuensi 2,4 GHz dan satunya memiliki frekuensi jaringan 5 GHz.

Melalui video tersebut, Oppo mengklaim kecepatan download di ponsel dengan fitur Dual Wi-Fi bisa 322 persen lebih "ngebut" dibandingkan ponsel dengan koneksi Wi-Fi standar.

Sementara untuk menjelajah website melalui browser, halaman situs diklaim bakal 44,5 persen lebih cepat dibuka, jika dibandingkan dengan ponsel tanpa fitur Dual Wi-Fi.

Baca juga: Vivo V15 dan V15 Pro Bakal Berhenti Diproduksi?

Video Vivo

Pada saat yang sama, Vivo juga mengunggah video yang serupa di akun Weibonya. Di video itu, mereka juga menggunakan dua ponsel flagship Vivo iQoo, untuk membuktikan ketangguhan fitur Dual Wi-Fi ini.

Seirama dengan Oppo, salah satu ponsel iQoo dengan fitur Dual Wi-Fi juga disambungkan dengan Wi-Fi 2,4 GHz dan Wi-Fi 5 GHz.

Terlihat ponsel iQoo yang menggunakan fitur Dual Wi-Fi bisa men-download aplikasi lebih cepat dibandingkan ponsel yang menggunakan satu koneksi Wi-Fi.

Game yang menggunakan koneksi internet juga terlihak dijalankan dengan stabil dengan latency atau ping yang rendah, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari SlashGear, Senin (22/7/2019). 

Kendati begitu, belum ada informasi kapan fitur dual Wifi ini akan meluncur secara komersil kepada pengguna smartphone Oppo dan Vivo. Belum jelas juga apakah fitur ini bakal secara eksklusif hadir di ponsel flagship saja atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SlashGear



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com