Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cek dan Isi Saldo Kartu Uang Elektronik lewat NFC di Ponsel

Kompas.com - 22/07/2019, 20:39 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Cashless society atau istilah yang ditujukan unutk masyarakat yang bertransaksi secara non-tunai mulai banyak dilakukan di Indonesia. Salah satunya adalah uang elektronik yang berbentuk kartu fisik yang ditanami chip didalamnya.

Kartu uang elektronik banyak digunakan untuk transaksi di transportasi publik. Misalnya saja komuter, MRT, bus, dan juga pembayaran elektronik jalan tol (e-toll). Satu kelemahan kartu uang elektronik ini adalah dibutuhkannya perangkat lain untuk memberikan informasi saldo.

Baca juga: Seberapa Penting Ponsel Ber-NFC di Indonesia?

Hal ini seringkali menjadi masalah bagi pemakainya, terutama yang sering hilir mudik melewati tol atau transportasi umum lain. Haruskah bolak-balik ke ATM atau minimarket untuk mengecek dan mengisi saldo uang elektronik?

Jawabannya tentu tidak, karena ada cara untuk cek saldo dan top-up yang jauh lebih praktis, yakni melalui aplikasi di smartphone. Syaratnya, ponsel yang bersangkutan mesti memiliki fitur Near-Field Communication alias NFC dan berbasis Android.

Perangkat iPhone sebenarnya juga memiliki NFC, namun sejauh ini hanya bisa digunakan untuk fitur Apple Pay yang belum ada di Indonesia.

Baca juga: Daftar Ponsel Ber-NFC yang Beredar di Indonesia

Nah, ponsel NFC dan kartu uang elektronik sudah di tangan. Sekarang apa aplikasi untuk mengecek dan mengisi saldonya?

KompasTekno merangkum aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecek dan mengisi ulang saldo (top-up) kartu uang elektronik dari beberapa bank di Indonesia. Simak cara-cara selengkapnya di bawah.

1. E-money Mandiri

Pengguna E-money Mandiri bisa mengunduh aplikasi "E-Money Info" dan "Mandiri Online". Beda keduanya adalah, E-Money Info hanya bisa mengecek sisa saldo, sementara Mandiri Online bisa melakukan isi ulang sekaligus.

Untuk mengisi E-Money, login ke Mandiri Online, lalu pilih "E-Money", kemudian "Isi Ulang E-Money". Tempelkan kartu E-money ke punggung ponsel dan tunggu hingga nominal saldo baru muncul di layar. Pengecekan saldo bisa ditemukan di menu yang sama.

Pengguna Mandiri E-money juga bisa melakukan isi ulang saldo di aplikasi Bukalapak. Top-up  dilakukan dengan membuka menu "Lainnya", lalu gulir ke bawah hingga menemukan menu "Top up E-money Mandiri".

Isi ulang E-money dapat dilakukan pula via aplikasi Tokopedia. Dari menu utama aplikasi, pilih "Top up & Tagihan", lalu "Uang Elektronik", kemudian pilih "Mandiri E-money".

2. BNI Tap Cash

Pemegang kartu BNI Tap Cash bisa mengunduh aplikasi bernama BNI Tap Cash Go. Aplikasi ini hanya bisa mengecek sisa saldo. Proses update saldo memang bisa dilakukan, namun pembayaran tetap melalui ATM, EDC, atau SMS Banking.

3. Flazz BCA

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com