Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jual SIM Card di Asrama Haji, Zain Telecom Saudi "Dijewer" Kominfo

Kompas.com - 24/07/2019, 07:14 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) "menjewer" operator Zain Telecom Saudi, dengan membekukan aktivitas penjualan kartu SIM-nya di Indonesia.

Hal itu dilakukan Kominfo setelah Zain kedapatan menjual kartu SIM yang lengkap dengan kuota paket haji dan umroh, di Asrama Haji Pondok Gede. Padahal, Zain Telecom Saudi belum memenuhi aspek legal berjualan SIMcard di Indonesia.

Informasi itu tertuang di dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rabu (24/7/2019).

"Kementerian Kominfo meminta pihak Zain Telecom Saudi untuk sementara waktu tidak boleh berjualan SIM Card atau kartu perdana di wilayah Indonesia, sampai jelas aspek perlindungan konsumen, sebagaimana amanat UU No 8 Tahun 1999 dan peraturan perundang-undangan terkait lainnya," ujar Plt Kepala Biro Humas Kemkominfo RI, Ferdinandus Setu.

Baca juga: Daftar Paket Haji Telkomsel 2019 untuk Telepon, SMS, dan Internet

Selain itu, Kominfo juga akan melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak terkait, seperti Kementerian Perdagangan, Kementerian Agama, dan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI).

Hal itu dilakukan untuk memastikan konsumen telekomunikasi di Indonesia tetap terlindungi dari dampak-dampak merugikan akibat penjualan kartu SIM keluaran operator Zain tersebut.

Sebelumnya, Direktorat Pengendalian Ditjen PPI Kementerian Kominfo telah melakukan pengecekan ke lokasi penjualan SIM Card di Asrama Haji Pondok Gede pada tanggal 17 Juli 2019.

Pada saat itu, pihak Kominfo menemukan sejumlah fakta di lapangan bahwa terdapat 2 (dua) booth penjualan Zain Telecom Saudi dengan petugas yang siap melayani pelanggan.

Di booth tersebut, pihak Zain menjual kartu SIM yang lengkap dengan kuota paket haji dan umroh. Kartu SIM tersebut dibanderol Rp 150.000.

Baca juga: Daftar Paket Haji XL Axiata 2019 untuk Telepon, SMS, dan Internet

Agar kartu SIM tersebut bisa dipakai, sang pembeli kartu SIM kemudian bakal dibantu untuk melakukan registrasi kartu perdananya setelah mereka berada di Arab Saudi.

Caranya mudah, hanya dengan mendatangi booth Zain Telecom yang berada di Bandara dan hotel penghinapan haji Indonesia, mereka pun bisa menggunakan jaringan Zain Telecom Saudi di negara tersebut.

Selain dijual di area Asrama Haji Pondok Gede, penjualan kartu SIM Zain juga dilakukan di Asrama Haji Lombok NTB, Asrama Haji Donohudan Surakarta, Asrama Haji Sukolilo Surabaya, dan Asrama Haji Makassar Sulawesi Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com