Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Kini Putar Banyak Pesan Suara dalam Sekali Pencet

Kompas.com - 25/07/2019, 08:31 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - WhatsApp kembali kedatangan update. Kali ini, pengguna WhatsApp di Indonesia bisa memutar pesan suara secara berurutan, tanpa harus repot-repot memencet tombol "play" berulang kali.

Pantauan KompasTekno di halaman PlayStore, pembaruan ini sudah meluncur sejak 22 Juli, namun mulai menyebar bagi pengguna di Indonesia hari ini, Kamis (25/7/2019).

Fitur ini sendiri sudah diuji coba di WhatsApp versi Beta sejak tahun lalu, namun baru meluncur secara komersil baru-baru ini.

Seperti sudah disebutkan di atas, fitur baru ini memungkinkan pengguna memutar banyak pesan suara dengan sekali pencet.

Baca juga: Begini Cara Video Call Berempat Sekaligus dengan WhatsApp

Misalnya, saat pengguna WhatsApp menerima lebih dari satu pesan suara yang dikirim secara berurutan, begitu pesan suara pertama diputar, maka WhatsApp akan otomatis memutar pesan kedua, ketiga, dan seterusnya.

Perlu dicatat, pengguna harus memencet tombol "play" di pesan pertama untuk bisa menggunakan fitur otomatis ini. Pengguna juga harus memastikan tidak ada pesan teks yang muncul di antara pesan suara ini.

Jika ada pesan teks di tengah-tengah pesan suara, maka pesan suara akan otomatis berhenti di situ, karena sejatinya fitur ini hanya akan memainkan pesan suara secara "sequences" atau berurutan, bukan semua pesan suara yang ada di seluruh jendela percakapan.

Untuk menggunakan fitur terbaru WhatsApp ini, pengguna harus memperbarui WhatsApp mereka ke versi 2.19.203 di PlayStore.

Kendati bisa digunakan di sistem operasi Android, belum bisa dipastikan apakah pembaruan ini juga sudah digelontorkan untuk pengguna iOS atau belum. Sebab pengatamatn KompasTekno di halaman AppStore, fitur ini belum tertera di informasi "What's New".

Baca juga: Cara Cek Grup WhatsApp yang Makan Banyak Memori

Namun WhatsApp dikabarkan sedang menguji coba fitur tersendiri untuk iOS. Pengguna nantinya bisa memutar pesan suara langsung dari notifikasi yang muncul di layar, tanpa perlu membuka aplikasi percakapan.

Fitur-fitur lain yang siap hadir

Jika berbicara fitur, WhatsApp sendiri digadang-gadang bakal meluncurkan sejumlah fitur terbaru di tahun 2019 ini.

Beberapa fitur yang ditunggu-tunggu adalah tampilan gelap (dark mode). Fitur ini bukan hanya membuat mata menjadi nyaman, namun juga bisa menghemat baterai, karena layar menampilkan warna yang gelap.

Selain itu, masih ada fitur berbagi status WhatsApp ke berbagai media sosial, seperti Facebook dan Instagram.

WhatsApp juga siap meluncurkan fitur yang bisa mengunci aplikasi WhatsApp melalui sidik jari (fingerprint).

Ada pula fitur yang memungkinkan pengguna untuk menambah kontak via kode QR, dan fitur pengurutan kontak berdasarkan orang yang paling sering dihubungi lewat WhatsApp.

Mari kita nantikan bersama inovasi berikutnya dari WhatsApp.

Baca juga: Cara Membatasi WhatsApp supaya Kita Tak Tiba-tiba Dimasukkan ke Grup

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com