Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Patenkan Desain Ponsel Geser dengan Kamera Melingkar

Kompas.com - 25/07/2019, 19:25 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu beredar bocoran foto ponsel Nokia Daredevil yang memiliki kamera melingkar. Tampaknya desain kamera serupa bukan hanya dipakai oleh Nokia saja, tapi juga Xiaomi.

Pabrikan China tersebut diketahui baru saja mematenkan sebuah desain ponsel dengan empat kamera belakang -atau tiga kamera dengan satu flash- yang diposisikan wadah berbentuk lingkaran. Desain ini dipatenkan Xiaomi melalui Kantor Kekayaan Intelektual China (CNIPA).

Ilustrasi dalam paten desain tersebut menunjukkan sebuah ponsel dengan mekanisme geser untuk memuat kamera depan, mirp dengan Mi Mix 3. Spesifikasi masing-masing kamera tidak disebutkan.

Baca juga: Penampakan Sosok "Daredevil", Ponsel Nokia Berkamera Tiga

Tidak terlihat adanya pemindai sidik jari, baik pada bagian depan maupun belakang ponsel. Artinya ada dua kemungkinan, pertama pemindai akan diletakkan di dalam layar atau kedua, ponsel ini hanya akan menggunakan pemindai wajah sebagai fitur keamanan.

Selain itu, seperti dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Kamis (25/7/2019), Xiaomi juga mematenkan sebuah desain lainnya. Desain itu memperlihatkan sebuah ponsel dengan tiga kamera belakang yang diposisikan secara vertikal.

Dalam pengajuan hak paten, Xiaomi mengajukan desain ponsel dengan tiga kamera vertikal di bagian belakang. GSM Arena Dalam pengajuan hak paten, Xiaomi mengajukan desain ponsel dengan tiga kamera vertikal di bagian belakang.

Selain tiga kamera di punggung, desain ini juga menunjukkan adanya kamera selfie kembar dalam sebuah notch di bagian depan. Bentuk notch alias poni tersebut terlihat berupa sebuah cekungan ke dalam layar yang membungkus kedua kamera depan.

Baca juga: Xiaomi Bagi-bagi Saham Gratis untuk Karyawan

Paten kedua ini juga tidak memperlihatkan adanya sensor sidik jari baik di bagian depan maupun belakang. Besar kemungkinan pemindai ini akan disembunyikan di balik layar OLED milik perangkat.

Karena kedua gambar ini baru sebatas pengajuan paten perangkat, tidak banyak informasi yang bisa diungkap. Selain itu, perlu diingat bahwa meski paten telah diajukan, belum tentu kedua desain ponsel di atas akan benar-benar diproduksi oleh Xiaomi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com