Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Korban Kapal Terbalik yang Diselamatkan Ponsel Tahan Air

Kompas.com - 26/07/2019, 20:39 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kecanggihan smartphone bertujuan untuk meningkatkan pengalaman dan kenyamanan para penggunanya. Tapi fungsinya bisa lebih dari sekadar itu.

Beberapa fitur khusus secara tidak terduga bisa menyelamatkan nyawa seseorang. Misalnya saja dalam kejadian seperti yang dialami oleh Jim Emdee, seorang warga negara Kanada yang sedang berlibur di Cebu, Filipina, awal bulan ini.

Kapal yang ditumpangi oleh Emdee bersama 16 turis lain dan empat pemandu lokal mendadak kehilangan kendali dan terbalik setelah diterjang ombak besar di perairan sekitar daerah Bogo City.

Baca juga: Fitur Pendeteksi Jatuh Apple Watch Selamatkan Nyawa Pengguna

Ponsel milik Emdee, sebuah Galaxy S8, merupakan satu-satunya yang masih bisa berfungsi dan menerima sinyal seluler meskipun sempat terendam air laut. Perangkat flagship Samsung keluaran 2017 itu memang memiliki ketahanan terhadap air dan debu dengan sertifikat IP68.

Emdee pun menghubungi nomor darurat untuk meminta bantuan. Fungsi GPS ponsel juga masih berjalan sehingga tim penyelamat bisa menemukan lokasi para korban dengan mudah dan mengevakuasi mereka.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para tim engineering (Samsung) karena, jujur saja, ponsel itulah yang menyelamatkan kami," ujar Emdee dalam sebuah pernyataan yang dimuat di situs Samsung.

Menanggapi kejadian yang menimpa Emdee dan belasan orang lainnya itu, pihak Samsung menyarankan pengguna perangkatnya agar selalu menyalakan fitur GPS, terutama ketika sedang bepergian atau berada di daerah terpencil.

Baca juga: Ponsel Ini Selamatkan Nyawa 8 Orang Kapal Karam

Ponsel Galaxy juga bisa mengirim pesan SOS ke nomor darurat yang sudah ditentukan sebelumnya dengan mengaktifkan fitur Settings > Advanced Features > Send SOS Message. Tekan tombol daya sebanyak tiga kali untuk mengirim pesan SOS. 

Meskipun dirancang anti-air, ponsel semacam Galaxy S8 sebenarnya tidak dirancang untuk diredam air laut. Sebab, air laut mengandung garam yang akan menimbulkan korosi di komponen-komponen yang terbuat dari logam.

Samsung pun tidak menyarankan ponsel anti-airnya untuk dibawa ke pantai atau kolam renang. Kerusakan akibat rembesan air tidak termasuk dalam garansi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com