Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia, 3 Startup Pemenang "Hack Day" Telkomsel

Kompas.com - 28/07/2019, 08:15 WIB
Reska K. Nistanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tim Manpro.id, Tuni, dan Traffobit keluar sebagai tiga tim terbaik acara Hack Day di gelaran Innovate 2019 yang diselenggarakan Telkomsel.

Ketiganya keluar sebagai tim terbaik, menyisihkan 37 tim yang terpilih selama roadshow di berbagai kota, selama bulan Juni-Juli 2019.

Hack Day yang berlangsung pada 23-24 Juli 2019 di Jakarta itu menantang seluruh peserta menghadirkan solusi IoT di bidang perindustrian dalam waktu 24 jam.

Solusi tersebut harus dapat menjawab permasalahan di industri yang meliputi unsur pemantauan indikator keselamatan kerja, serta efisiensi energi dan optimalisasi produktivitas jalur produksi dengan mengadopsi teknologi NB-IoT (Narrowband Internet of Things) Telkomsel.

Teknologi NB-IoT tersebut merupakan teknologi telekomunikasi yang dirancang untuk menghasilkan kapasitas koneksi yang masif dengan penggunaan daya yang efisien.

Manpro.id memiliki fokus solusi pada penyediaan layanan project management software, dengan memanfaatkan IoT untuk efisiensi kebutuhan operasional alat produksi alat-alat berat melalui pencatatan waktu/timesheet operator yang dilakukan secara realtime.

Selanjutnya, Tuni mengadopsi NB-IoT dengan menghadirkan solusi untuk memonitor kondisi lingkungan sehingga dapat mengurangi resiko kerugian produksi saat proses pembakaran pada industri tambang batu bara.

Sedangkan Traffobit memanfaatkan teknologi NB-IoT untuk memonitor dan menganalisis parameter energi pada trafo distribusi listrik agar dapat mendeteksi kondisi abnormal dan maksimalisasi efisiensi daya.

"Kami harap upaya kami dalam mengakselerasi perkembangan start-up dan ekosistem IoT di Tanah Air, dapat memberikan kontribusi nyata pada kemajuan indsutri Tanah Air”, ujar Vice President Technology and System Telkomsel, Indra Mardiatna dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Minggu (28/7/2019).

Baca juga: Tes Kecepatan Internet Telkomsel Saat Menyeberangi Selat Sunda

Roadshow

Telkomsel sendiri menggelar hackathon Innovate 2019 yang diikuti oleh kalangan akademisi, profesional dan start-up Indonesia. Ajang kompetisi ini menantang para pesertanya untuk menghadirkan solusi inovatif berbasis IoT bagi industri di berbagai bidang.

Gelaran Innovate 2019 merupakan hasil kerja sama TINC dengan Asosiasi IoT Indonesia (ASIOTI) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan terdiri dari kegiatan Roadshow &Hack Day.

Rangkaian roadshow telah diadakan di beberapa kota dengan menghadirkan sesi workshop dengan mengangkat tema yang berkaitan dengan pengembangan solusi digital untuk mendukung Industry 4.0 di Indonesia.

Tema-tema itu antara lain Artificial Intelligence & Machine Learning di Jakarta (08/05), Industrial IoT di Bandung (22/05), Big Data di Jogjakarta (19/06) dan Supply Chain di Surabaya (25/06).

Dalam setiap workshop, sejumlah perwakilan dari pelaku industri, pemerintah dan TINC bersama peserta kompetisi terpilih mengkaji insight peta kondisi industri tanah air, kendala yang terjadi, serta solusi-solusi yang dapat dikembangkan untuk kemajuan industri di Indonesia.

Baca juga: Emma Sri Martini Diangkat Jadi Dirut Telkomsel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com