Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game PUBG Mobile Lite Sudah Bisa Diunduh di Indonesia

Kompas.com - 29/07/2019, 08:16 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada Agustus 2018 lalu, Tencent dikabarkan tengah menggarap PUBG Mobile Lite. Setelah menanti hampir satu tahun lamanya, game versi ringan dari PUBG Mobile itu akhirnya sudah tersedia dan sudah bisa diunduh oleh pengguna Android di Indonesia.

PUBG Mobile Lite dirilis Tencent agar pemilik perangkat dengan spesifikasi rendah -misalnya model lawas atau ponsel low-end- juga bisa berburu "Chicken Dinner" dalam permainan yang tengah digandrungi ini.

Baca juga: Tencent Rilis PUBG Mobile Versi Ringan untuk Ponsel Spek Rendah

Game PUBG Mobile Lite sendiri dirancang sedemikian rupa agar dapat berjalan pada perangkat meski dengan RAM di bawah 2 GB.

Dari pantauan KompasTekno, Senin (29/7/2019), PUBG Mobile Lite sudah tersedia di toko aplikasi Android Google Play Store setidaknya sejak tanggal 25 Juli lalu. Dalam kurun waktu beberapa hari saja game ini sudah diunduh lebih dari 500.000 kali oleh para pengguna. 

Untuk mengunduh PUBG Mobile Lite, ruang penyimpanan yang mesti disediakan di ponsel adalah sekitar 400 MB hingga 500 MB.

Agar game menjadi lebih ringan, Tencent tentu memangkas sejumlah fitur dan meminimalkan mode permainan pada PUBG Mobile Lite ketimbang PUBG Mobile versi reguler.

Perbedaan pertama adalah ukuran peta wilayah permainan yang dibuat jauh lebih kecil ketimbang versi regule, agar perangkat tak terbebani oleh pemrosesan grafis yang terlalu berat.

Jika peta PUBG Mobile reguler bisa mencapai ukuran 8 km x 8 km, maka PUBG Mobile Lite hanya menggunakan ukuran 2 km x 2 km saja. Dengan demikian, lokasi pun akan berkurang dan pertempuran berjalan lebih cepat.

Baca juga: Game PUBG Lite Bisa Di-download Hari Ini, Begini Caranya

Perbedaan lainnya adalah jumlah pemain yang dapat ditampung dalam satu permainan. Pada PUBG Mobile versi reguler, jumlah pemain bisa mencapai 100 orang dalam satu babak. Namun PUBG Mobile Lite hanya dapat menampung maksimal 40 pemain saja.

Alasannya agar PUBG Mobile Lite tak membebani kapasitas RAM sehingga permainan tetap bisa berjalan dengan lancar meski memori utama ponsel hanya 2 GB.

Selain kedua perbedaan di atas, Tencent juga membedakan server permainan antara PUBG Mobile Lite dengan PUBG Mobile versi reguler. Alhasil, pemain kedua game ini tidak akan dapat saling terhubung atau bertemu. 

Meski demikian, game PUBG Mobile Lite tentu masih layak dicoba. Terutama bagi pemilik ponsel dengan spesifikasi rendah. Untuk mengunduhnya di Google Play Store, silakan kunjungi tautan berikut ini 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com