Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Perbanyak Produk "Smart Home" yang Dijual di Indonesia

Kompas.com - 29/07/2019, 20:03 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Xiaomi lebih dikenal sebagai pabrikan smartphone di Indonesia. Namun vendor rlrktronik China itu juga menjajakan produk ekosistem di Tanah Air, meski gaungnya kurang santer terdengar.

Karena itulah, Xiaomi mengatakan bakal memboyong lebih banyak produk ekosistemnya ke Indonesia.

"Kami akan membawa lebih banyak produk ekosistem ke Indonesia, dan menawarkan benefit ekosistem kami ke konsumen," ujar Steven Shi, Country Head Xiaomi Indonesia ditemui awak media di mal Kota Kasablanka di Jakarta, Senin (29/7/2019).

Dalam acara tersebut, Xiaomi juga menggelar demo beberapa perangkat smart home yang dimiliki.

Baca juga: Xiaomi Investasi Rp 20 Triliun untuk Produk Smart Home

Di antaranya adalah Mi Smart Sensor Set, Mi Vacuum Cleaner, kamera keamanan Mi Home Security 360, dan lampu meja Mi LED Smart Bulp, yang semuanya bisa dioperasikan melalui smartphone yang terkoneksi dengan internet.

Contoh produk smart home Xiaomi, dari kiri ke kanan: Mi Induction Heating Rice Cooker, Mi LED Desk Lamp, dan Mi Bedside Lamp.
KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma Pertiwi Contoh produk smart home Xiaomi, dari kiri ke kanan: Mi Induction Heating Rice Cooker, Mi LED Desk Lamp, dan Mi Bedside Lamp.
Beberapa produk ekosistem Xiaomi sejatinya sudah diluncurkan tahun lalu. Steven tidak menyebutkan berapa unit produk yang akan dijual ke Indonesia, dan berapa target penjualan yang ingin dicapai.

Menurut Steven, kontribusi produk ekosistem terhadap total pendapatan Xiaomi memang masih kalah jika dibandingkan dengan produk smartphone.

"Saya tidak memiliki persentase pastinya berapa persen produk ekosistem. Tetapi kontribusi dari semua model bisnis sangat berpengaruh," lanjut Steven.

Berbicara soal pendapatan, Xiaomi mengumumkan pendapatan sebesar 26.443,50 juta dollar AS (Rp 389,169 triliun) dan pendapatan bersih sebesar 2.049,10 dollar AS (Rp 30,157 triliun) pada tahun fiskal lalu.

Baca juga: Xiaomi Rilis Sensor dan Kamera Pintar untuk Smart Home di Indonesia

Pencapaian ini mengantarkan Xiaomi masuk ke daftar 500 perusahaan global terbesar di dunia, peringkat ke-468 versi Fortune tahun 2019. Ini adalah tahun pertama bagi Xiaomi, sekaligus menjadikannya perusahaan termuda dalam daftar bergengsi itu.

Steven sesumbar salah satu faktor pencapaian ini disokong oleh keunikan produk Xiaomi dan harga jual yang terjangkau, baik smartphone maupun produk ekosistem smart home.

Sebagaimana smartphone, produk ekosistem smart home Xiaomi bisa didapatkan di gerai resmi Authorized Mi Store yang tersebar di 43 titik di seluruh Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com