Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera Samsung Galaxy A80 Punya Fitur yang Tidak Dimiliki Galaxy S10

Kompas.com - 30/07/2019, 11:11 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu fitur baru yang dihadirkan Samsung di kamera ponsel Galaxy A80 besutannya adalah Live Focus Video yang bisa merekam video dengan efek “bokeh” alias background blur.

Fungsinya mirip dengan Live Focus untuk foto, hanya saja diterapkan di gambar bergerak alias video.

Di antara ponsel-ponsel Samsung, fitur yang satu ini hanya bisa ditemukan di Galaxy A80. Bahkan ponsel Galaxy S10e, S10, dan S10 Plus yang berharga lebih mahal pun tidak memilikinya.

Sebab, efek Live Focus Video membutuhkan kamera Time of Flight (ToF) khusus yang berperan mengukur jarak subyek ke kamera ponsel. Kamera jenis tersebut memang hadir di Galaxy A80, tapi absen di trio Galaxy S10.

Sebenarnya Galaxy S10 versi 5G memiliki fitur serupa karena datang dengan kamera ToF di depan dan belakang, namun ponsel ini tak dipasarkan di Indonesia.

Dibandingkan Galaxy S10 5G pun, Galaxy A80 memiliki keunikan berupa modul kamera yang bisa berputar.

Baca juga: Harga Galaxy A80 dan Galaxy S10e Selisih Rp 1 Juta, Samsung Tak Khawatir?

Galaxy A80 memiliki tiga kamera yang bisa berputar sehingga berfungsi sebagai kamera belakang sekaligus kamera depan.KOMPAS.com/ RINDI NURIS VELAROSDELA Galaxy A80 memiliki tiga kamera yang bisa berputar sehingga berfungsi sebagai kamera belakang sekaligus kamera depan.

Ada tiga kamera yang disematkan di modul tersebut. Selain kamera ToF, terdapat unit kamera utama 48 megapiksel (f/2.0, wide) dan kamera 8 megapiksel (f/2.2 ultra wide angle).

Modul kamera Galaxy A80 akan mencuat ke atas, kemudian berputar ke arah depan begitu disetel ke dalam mode selfie, baik untuk menjepret foto ataupun video.

Walhasil, kualitas foto dan video selfie dari Galaxy A80 pun sama bagusnya dengan kamera belakang karena unit kamera yang digunakan memang sama.

Semua fitur kamera belakang, termasuk Live Focus Video tadi, pun bisa dipakai untuk perekaman video secara selfie alias menghadap wajah sendiri.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Galaxy A80 di Indonesia

KompasTekno sempat menjajal fitur Live Focus Video ini dengan berbekal unit sample yang disediakan Samsung.

Sebagus apa hasilnya? Silakan simak dalam video ulasan Galaxy A80 oleh KompasTekno di tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com