Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MediaTek Perkenalkan Chip Helio G90 dan G90T untuk Ponsel Gaming

Kompas.com - 31/07/2019, 10:30 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pabrikan chip asal Taiwan, MediaTek, baru saja memperkenalkan dua System-on-Chip (SoC) khusus ponsel gaming bernama Helio G90 dan G90T.

Kedua SoC gaming ini, menurut MediaTek, diluncurkan untuk mengakomodir para vendor smartphone yang ingin menciptakan ponsel dengan performa game yang terbaik.

T.L. Lee, General Manager unit bisnis Wireless Communication MediaTek, mengatakan bahwa pasar mobile gaming terus mengalami pertumbuhan sehingga para pembuat perangkat mencari cara utnuk meningkatkan pengalaman main game di smartphone. 

Baca juga: MediaTek Resmikan Chip Helio P65, Fokus Kamera dan "Gaming"

" Inilah alasan kami merancang chip G90 Series,” kata Lee  dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rabu (31/7/2019).

Spesifikasi kedua SoC gaming teranyar besutan MediaTek ini sebenarnya hampir identik. Salah satu perbedaan di antara kedua chip terletak di segi kinerja

Helio G90 tanpa embel-embel "T" dibekali dengan delapan inti CPU dengan konfigurasi dua inti CPU Cortex-A76 (clockspeed maksimal 2,0 GHz) dan enam inti CPU Cortex-A55.

Sementara Helio G90T memiliki konfigurasi serupa, namun clockspeed maksimal untuk dua inti CPU Cortex-A76 di SoC ini sedikit lebih besar, yaitu 2,05 GHz. Pengolah grafis (GPU) yang digunakan sama, yakni Mali – G76 3EEMC4 yang memiliki kecepatan hingga 800MHz.

Spesifikasi lainnya mencakup dukungan RAM model LPDDR4X hinga kapasitas 10 GB (kecepatan hingga 2.133 MHz), kamera hingga 64 megapiksel (Helio G90T) dan 48 megapiksel (Helio G90), serta perekaman video slow-motion di resolusi 720p dengan frame rate 240 FPS.

Baca juga: Pertama di Dunia, Samsung Galaxy A80 Pakai Snapdragon 730 Versi Gaming

Ada pula fitur "HyperEngine" yang terdiri dari rangkaian fitur untuk menunjang kelancaran bermain game di ponsel.

Misalnya, Dual-WiFi yang memungkinkan perangkat tersambung ke dua band WiFi, Rapid Response Engine untuk meminimalisir input lag, serta Call and Data Concurrency yang memastikan koneksi internet game tak terganggu panggilan telepon.

Belum diketahui secara spesifik ponsel apa yang akan dibekali Helio G90 dan G90T. Mengingat spesifikasi keduanya sebanding dengan Snapdragon 730 dari Qualcomm, kemungkinan perangkat yang menggunakannya pun akan duduk di kelas menengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com