Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Besar Penguasa Pasar Perangkat Tablet

Kompas.com - 07/08/2019, 15:52 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - iPad dikenal sebagai penguasa pasaran komputer tablet dunia. Kali ini pun, dalam laporan kuartal kedua 2019 dari lembaga riset pasar IDC, perangkat besutan Apple tersebut masih bercokol di urutan teratas dengan pangsa pasar 38,1 persen.

Di bawah Apple ada tablet bikinan Samsung dengan market share tak sampai setengah dari iPad, yakni 15,2 persen, disusul Huawei dengan 10,3 persen.

Menurut laporan IDC, secara keseluruhan ada sekitar 32,2 juta tablet yang dikapalkan ke pasar global pada kuartal kedua 2019. Dari jumlah ini, sebanyak 12,3 juta merupakan produk iPad.

Angka pengiriman iPad tercatat naik 6,1 persen secara year-over-year, selagi hampir semua pemain lain justru turun, kecuali Amazon yang menunjukkan kenaikan 46,3 persen. 

Perolehan angka tersebut dipicu oleh meningkatnya jumlah pengiriman iPad Air secara signifikan pada Maret lalu. Kehadiran seri iPad anyar itu juga turut mendongkrak penjualan aksesori lainnya, seperti smart keyboard yang dapat terhubung dengan iPad tersebut.

Baca juga: iPad Mini 5 dan iPad Air (2019) Resmi Meluncur

IDC juga memperkirakan bahwa kehadiran iPad dengan ukuran 10,2 inci yang menggantikan model 9,7 inci akan cukup membantu meningkatkan penjualan tablet Apple secara signifikan.

Berbeda dengan Apple, Samsung dan Huawei justru mengalami sedikit penurunan. Samsung di peringkat kedua berhasil mengapalkan 4,9 juta unit tablet di Q2 2019.

Pasar tablet menurut catatan IDC di Q2 2019IDC Pasar tablet menurut catatan IDC di Q2 2019

Angka tersebut turun sebanyak 100.000 unit dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya. Jika dipersentasekan, Samsung mengalami penurunan angka pengiriman sebesar 3,1 persen di kuartal kedua 2019. 

Kendati demikian, pangsa pasar Samsung malah naik dari 14,9 persen di kuartal yang sama tahun sebelumnya menjadi 15,2 persen. Ini karena kondisi pasar tablet secara global mengalami penurunan yang lebih cepat. 

Dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Rabu (7/8/2019), IDC mencatat, sebagian besar pengiriman tablet Samsung berasal dari model Galaxy Tab A dan Tab E yang dibanderol dengan harga lebih terjangkau.

Baca juga: Ada 2 iPad Lagi yang Siap Meluncur Tahun Ini

Sementara Huawei, tercatat mengirimkan 3,3 juta unit tablet untuk kuartal kedua di tahun ini dan meraup pangsa pasar sebesar 10,3 persen.

Angka ini turun dari tahun sebelumnya di mana pada kuartal kedua 2018  Huawei berhasil mengirimkan 3,5 juta unit tablet dan mendapat pangsa pasar 10,5 persen.

Meski demikian, penurunan ini masih bisa dianggap sebagai hal yang positif mengingat beberapa waktu lalu Huawei menghadapi tekanan besar dari pemerintah AS yang memasukkan namanya ke dalam daftar hitam untuk urusan perdagangan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com