Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/08/2019, 09:35 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

NEW YORK, KOMPAS.com - Samsung resmi memerkenalkan Galaxy Note 10 pada Kamis (8/8/2019) dini hari waktu Indonesia atau Rabu (7/8/2019) pagi waktu Amerika Serikat. Galaxy Note 10 membawa serangkaian fitur baru, salah satunya kemampuan mikrofon untuk melakukan "zoom in" ke suara.

Kemampuan ini serupa dengan fitur "zoom in" yang biasa ditemukan pada kamera saat memotret atau merekam gambar. Bedanya, komponen yang bekerja pada fitur ini adalah mikrofon, bukan lensa.

Galaxy Note 10 dapat memperbesar suara ketika pengguna merekam video dari jarak jauh. Pada dasarnya, mikrofon pada Galaxy Note 10 memiliki kemampuan untuk memasangkan suara yang direkam dengan objek video yang diambil.

Kemampuan ini memungkinkan mikrofon untuk menentukan audio mana yang akan menjadi fokus dan sesuai dengan video yang diambil. Fitur ini dapat memperkuat audio direkam serta menghilangkan kebisingan yang ada di sekitar, sehingga video yang direkam hanya akan mengambil suara yang diinginkan.

Seperti dilaporkan jurnalis Kompas.com, Wahyunanda Kusuma, langsung dari lokasi peluncuran, fitur ini merupakan salah satu kemampuan yang diunggulkan pada Galaxy Note 10.

Selain itu kemampuan "zoom in" pada suara ini juga menjadi bagian dari teknologi video premium yang dibenamkan pada ponsel anyar tersebut.

Baca juga: Penampilan Lengkap Samsung Galaxy Note 10, Langsung dari New York

Selain kemampuan memperbesar suara, fitur perekaman video Samsung Galaxy Note 10 juga disertai dengan kemampuan Live Fokus. Dengan fitur ini, video yang dihasilkan dapat menampilkan efek bokeh seperti ketika digunakan untuk memotret.

Tak hanya itu, kemampuan pengambilan gambar dalam mode Hyperlapse pada Galaxy Note 10 pun turut didongkrak. Hyperlapse pada ponsel ini kini memiliki fitur baru yang disebut "super steady" di mana ponsel dapat mengambil gambar dengan lebih stabil dan meminimalisasi goncangan.

Galaxy Note 10 sendiri dirilis dalam dua model, yakni reguler dan model dengan embel-embel "plus". Sesuai dengan namanya, Galaxy Note 10+ memiliki spesifikasi yang sedikit lebih tinggi ketimbang versi reguler.

Perbedaan yang paling jelas dari kedua model ini terletak pada ukuran layar, kapasitas RAM, penyimpanan, serta baterai. Harga Samsung Galaxy Note 10 dibanderol mulai Rp 13 jutaan hingga Rp 16 jutaan di Indonesia. Baca juga: Harga Samsung Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus di Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com