Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penampilan Lengkap Samsung Galaxy Note 10, Langsung dari New York

Kompas.com - 08/08/2019, 14:05 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

NEW YORK, KOMPAS.com - Duo smartphone kelas atas Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10+ dari Samsung akhirnya resmi meluncur pada Kamis (8/8/2019) dini hari waktu Indonesia.

Jurnalis KompasTekno Wahyunanda Kusuma Pertiwi yang hadir langsung di lokasi acara di New York, Amerika Serikat ikut menjajal dan memotret kedua ponsel ini dari berbagai sisi.

Baik Samsung Galaxy Note 10 maupun Galaxy Note 10+ sama-sama mengusung layar "Infinity-O". Bagian layar nyaris sepenuhnya memenuhi bagian depan kedua perangkat, dengan lubang di atas untuk menaruh modul kamera depan.

Baca juga: Samsung Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10+ Resmi Meluncur

Samsung mengenalkan layar jenis ini lewat Galaxy S10 dan S10+ yang meluncur awal tahun ini. Namun keduanya memiliki lubang layar di pojok kanan atas, sementara lubang Galaxy Note 10 berada tepat di tengah atas layar smartphone.

Galaxy Note 10 "reguler" mengusung layar berukuran 6,3 inci (resolusi 1.080 x 2.280 piksel), sementara Galaxy Note 10+ memiliki layar yang lebih besar, yaitu 6,8 inci (resolusi 1.440 x 3.040 piksel).

Samsung Galaxy Note 10 resmi meluncur global, Kamis (8/8/2019).KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma Pertiwi Samsung Galaxy Note 10 resmi meluncur global, Kamis (8/8/2019).

Samsung Galaxy Note 10 mengusung konsep desain smartphone yang ujung-ujungnya terlihat "kotak". Desain itu menghasilkan kesan yang tegas. Namun layar yang melengkung di sisi-sisinya juga sekaligus membuatnya elegan.

Melihatnya dari sisi samping, ponsel ini terlihat ramping dengan ketebalan kurang dari 8 mm (7,9 mm). Bobotnya pun masih di bawah 200 gram, di mana Galaxy Note 10 berbobot 168 gram sementara Galaxy Note 10 Plus berbobot 196 gram.

Samsung juga menempatkan tombol daya ke sisi kiri smartphone, sejajar dengan tombol volume up and down. Sebelumnya, di lini Galaxy S10 dan S10 Plus, tombol di bawah volume adalah tombol asisten digital Bixby.

Tombol Bixby tersebut kini dihilangkan, sehingga memberi ruang untuk tombol daya kembali ke kiri, dan sisi kanan smartphone terlihat mulus tanpa tombol.

Baca juga: Galaxy Note 10 Bisa Dikendalikan dengan Stylus S Pen Tanpa Menyentuh Layar

Fitur lain yang dihilangkan Samsung adalah colokan (lubang) audio 3,5 mm untuk earphone, digantikan oleh port USB C yang bersifat hybrid, bisa untuk mengecas baterai sekaligus berfungsi sebaagai port audio.

Samsung menyertakan earphone dengan colokan USB C dalam kemasan pembelian.

Bagian sisi bawah Galaxy Note 10, terdapat port USB Type-C hybrid, sekaligus menggantikan colokan audio 3,5 mm.KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma Pertiwi Bagian sisi bawah Galaxy Note 10, terdapat port USB Type-C hybrid, sekaligus menggantikan colokan audio 3,5 mm.
Alternatifnya, pengguna bisa menggunakan wireless earphone seperti Galaxy Buds untuk mendengarkan audio. Sisi bawah juga menjadi tempat grill speaker dan lubang untuk menyimpan pena digital S-Pen di sisi kanan bawah.

Sementara, sisi atas Samsung Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10 Plus dipakai untuk slot SIM card dan slot microSD.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus

Perlu diketahui, varian Galaxy Note 10 reguler dengan penyimpanan internal 256 GB (satu varian saja), tidak dilengkapi dengan slot microSD. Fitur slot microSD (hingga 1 TB), hanya tersedia di lini Galaxy Note 10 Plus untuk kedua varian (256 GB/512 GB).

Samsung Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10 Plus.KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma Pertiwi Samsung Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10 Plus.

Menengok ke bagian belakang, Samsung menempatkan tiga kamera belakang untuk Galaxy Note 10, dan empat kamera belakang untuk Galaxy Note 10 Plus. Letaknya ada di sisi kiri.

Sama seperti versi Galaxy Note 10 reguler, bagian punggung Galaxy Note 10+tampak bersih, hanya tersisa logo dan LED flash. Punggung ini juga memiliki fungsi reverse wireless charging untuk mengisi baterai perangkat lain secara nirkabel dan NFC.

Ada tiga pilihan warna yang disediakan, yakni Aurora Glow dengan warna gradasi, Aurora White (putih), dan Aurora Black. Untuk melihat penampilan Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10+ selengkapnya, silakan simak rangkaian foto di tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com