Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Depak Asus, Realme Masuk 5 Besar Pabrikan Smartphone di Indonesia

Kompas.com - 08/08/2019, 14:51 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di antara para pabrikan smartphone lain, Realme termasuk pemain baru yang mulai memasuki pasaran Indonesia menjelang akhir tahun lalu. Kendati baru seumur jagung, nyatanya sub-brand Oppo dari China itu sudah bisa merangsek ke urutan 5 besar.

Hal tersebut diungkapkan oleh firma riset pasar Counterpoint dalam laporan terbarunya untuk kuartal kedua 2019. Realme menggeser Asus yang kini berada di urutan keenam.

Disebutkan bahwa Realme telah berhasil merengkuh pangsa yang terbilang signifikan di pasaran smartphone Indonesia berkat strategi memasang harga yang agresif.

Baca juga: Realme Sebut Oppo Tak "Caplok" Target Pasarnya

"Dalam tiga kuartal, Realme sudah mencaplok market share sebesar 8 persen sehingga mendudukannya sebagai brand nomor lima dari segi volume (penjualan)," ujar analis Counterpoint, Parv Sharma.

Pasaran smartphone Indonesia dikuasai oleh pabrikan China. Selain Realme, ada Xiaomi, Oppo, dan Vivo yang masing-masing menduduki urutan kedua, ketiga, dan keempat. Pangsa pasar gabungan dari pabrikan ponsel China mencapai 55 persen.

Lima besar pabrikan smartphone teratas di Indonesia pada kuartal kedua 2019, menurut firma riset pasar CounterpointCounterpoint Lima besar pabrikan smartphone teratas di Indonesia pada kuartal kedua 2019, menurut firma riset pasar Counterpoint


Adapun urutan teratas masih ditempati Samsung dengan market share 27 persen, turun 1 persen jika dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu.

Kendati demikian, vendor asal Korea Selatan ini masih berhasil mempertahankan posisinya di puncak klasemen dengan merilis jajaran ponsel Galaxy A terbaru.

Baca juga: Alasan Samsung Jorjoran Merilis Ponsel Galaxy A di 2019

"Seri A yang disegarkan ini mendorong penjualan Samsung, seperti model Galaxy A50 dan A10," ungkap Associate Director Counterpoint Tarun Pathak, dirangkum KompasTekno dari situs Counterpoint, Kamis (8/8/2019).

Sementara itu, secara keseluruhan, pasaran smartphone Indonesia tercatat tumbuh 6 persen pada kuartal kedua 2019 dibandingkan periode yang sama di 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com